Home / Advertorial / Bappelitbangda

Tahun Ini, Kawasan Pasar Bastiong Bakal Direvitalisasi

23 Mei 2022
Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr H Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dalam waktu dekat akan melakukan revitalisasi pembangunan tetminal dan kawasan pasar Bastiong di Kecamatan Ternate Selatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Rizal Marsaoly, mengatakan proses lelang untuk pekerjaan revitalisasi kawasan pasar Bastiong sudah ditayangkan di Unit Layanan Pengadaan (ULP).

“Jadi site plan-nya juga sudah dibuat oleh konsultan perencana dan nantinya yang fokus terhadap pekerjaan itu keterkaitannya pada zona kawasan seputaran terminal,” kata Rizal, Senin, (23/5/2022) di Ternate.

Dia menjelaskan, fokus pekerjaan revitalisasi kawasan pasar Bastiong ini dilakukan mulai dari pintu masuk sampai kawasan terminal di bagian timur dan barat termasuk bangunan pasar.

“Intinya tujuan revitalisasi ini menjawab kesemrawutan yang selama ini terjadi di pasar Bastiong. Terus nanti melalui Disperindag akan ada penataan sejumlah pedagang liar yang menempati lokasi tersebut,” paparnya.

Dia memastikan, jika proyek revitalisasi ini tuntas, maka fungsi terminal akan dikembalikan, "jadi tidak ada lagi pedagang yang menempati kawasan terminal, semua pedagang masuk ke dalam bangunan pasar," katanya.

Untuk kegiatan revitalisasi kawasan terminal, Pemkot Ternate menganggarkan dana sebesar Rp, 3 miliar termasuk revitalisasi drainase atau saluran air di kawasan pintu keluar pelabuhan.

“Ke depan tahap dua akan diperbaiki juga bangunan yang sudah tua dan fasilitas pendukung lain yang dimungkinkan,” tutup Rizal.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT