Home / Advertorial / Bappelitbangda

Pemkot Ternate Siapkan Konsep Kreatif

03 Juni 2022
Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemkot Ternate akan menyiapkan konten atau konsep kreatif untuk dibawa dalam kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 7 Agustus nanti, di Kota Padang. 

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, sebagaimana yang diharapkan oleh ketua APEKSI Arya Bima (Wali Kota Bogor) saat aniversari APEKSI di Lampung, bahwa saat APEKSI di Padang nanti semua Wali Kota yang masuk dalam anggota APEKSI harus bisa hadir.

Kepala daerah dalam APEKSI di Padang nanti diharapkan bisa membawa atau mendelegasikan anak-anak muda kreatif untuk hadir.

Substansi dari kegiatan ini adalah, agar APEKSI tidak hanya sebagai ajang koordinasi antar para Wali Kota saja, melainkan harus bisa melahirkan program program kreatif yang sesuai dengan kebutuhan kekinian dari setiap Kota.

Untuk itu, saat APEKSI di Padang nanti Pemkot rencananya akan membawa beberapa anak kreatif yang selama ini aktif berpartisipasi dalam aktifasi ruang ruang di Kota Ternate. Rizal menyebut, hal ini penting karena menurut ketua APEKSI, bahwa ada satu segmen yang selama ini terlupakan oleh pemerintah Kota, yakni kreatif.

"Sebenarnya Kota Ternate sudah memulai itu dalam tiga tahun terakhir melalui komunitas anak-anak kreatif yang yang menempati benteng orange," tutur Rizal.

Sebagaimana penyampaian ketua APEKSI, bahwa jika semua Wali Kota melakukan peran yang sama untuk mengaktivasi program ini, maka bisa dipastikan bahwa para pelaku-pelaku kreatif yang ada di masing-masing daerah akan mampu menciptakan inovasi-inovasi terbaru. 

"Jadi nanti saat APEKSI di Padang, akan berkumpul para kreatif kreatif muda dari seluruh kota yang nantinya mereka akan diberi ruang kreasi untuk ikut lomba. Jadi setiap daerah harus ada inovasi," ujarnya.

Pemkot Ternate dalam persiapan menciptakan konten untuk APEKSI di Padang nanti, akan dibuat kurasi. Pemkot akan memfasilitasi persiapan ini melalui komite ekonomi kreatif yang sementara dibentuk. Bahkan SK dari komite ekonomi Kota Ternate sedang disiapkan oleh Bagian Hukum. Sehingga, terkait materi apa yang akan dibawa ke APEKSI, akan dibahas bersama dengan komite ekonomi kreatif.

Rizal menyebut, pihaknya akan mendorong Jandri dari komunitas Jarkot sebagai ketua komite ekonomi kreatif Kota Ternate. Selanjutnya akan dipilih orang-orang yang serius dan bisa mendukung tim ekonomi kreatif untuk dimasukan sebagai anggota.

"Sehingga saat APEKSI di Padang nanti, konten-konten yang kita bawa bisa bersaing dengan daerah daerah lain," tuturnya

Menurutnya, untuk menjaring konten atau konsep terbaik, bisa diperoleh melalui program musrenbang ala komunitas. Karena melalui program inilah, akan dilakukan diskusi dengan para komunitas. Rizal menyebut, Benteng orange juga akan dijadikan sebagai pusat ekonomi kreatif. 

"Kita berharap saat APEKSi di Padang, Kota Ternate akan hadir dengan materi-materi yang sangat siap," tandasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT