Home / Advertorial / Bappelitbangda

Pemkot Ternate Resmi Serahkan Dokumen Ranwal RPJMD Kota Ternate

02 Agustus 2021

TERNATE, OT - Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, didampingi tim ahli RPJMD, Muamil Sunan dan Abdullah Ismail, secara resmi menyerahkan dokumen rancangan awal (ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 ke DPRD Kota Ternate, Senin (2/8/2021), di ruang rapat Ketua DPRD Kota Ternate.

Penyerahan dokumen rancangan awal RPJMD 2021-2026 diterima langsung Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy, disaksikan Sekretaris DPRD Kota Ternate, Sofia M Nur.

Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, pemerintah hari ini secara resmi menyerahkan rancangan awal RPJMD 2021-2026 kepada DPRD untuk dibahas.

Kata dia, RPJMD Kota Ternate 2021-2026, merupakan pedoman dalam menyusun perencanaan dan membangun Kota Ternate lima tahun ke depan.

Menurutnya, di dalam RPJMD ini sudah menyatukan visi dan misi "Ternate Andalan" atau Mandiri dan Berkeadilan dengan hasil kajian rancangan RPJMD pleh berbagI pihak termasuk unsur akademisi.

"Visi dan misi Ternate Andalan semuanya telah tertuang dalam  RPJMD 2021-2026 yang kami serahkan ke pihak DPRD Ternate, hari ini," ujar Rizal.

.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailuassy dalam keterangan resminya menyampaikan, setelah menerima ranwal RPJMD, DPRD akan mengagendakan rapat internal guna membahas RPJMD tersebut.

Setelah melakukan rapat internal, komisi-komisi kemudian melakukan rapat internal untuk membahas RPJMD, "setelah itu baru rapat dengan pokja-pokja terkait untuk membahas dokumen dan visi misi yang tertuang dalam RPJMD tersebut. Setelah itu pokja-pokja dapat membahas dengan komisi yang membidangi," jelas Muhajirin seraya menyebut pembahasan akan dilakukan secepatnya.

"Lebih capat lebih baik, kita akan agendakan rapat internal dengan komisi-komisi guna mengoreksi sebelum diserahkan ke Pemerintah Provinsi untuk.disahkan," kata Muhajirin.

Dia menyebut, DPRD akan mendoromg RPJMD Kota Ternate lebih mempriorotaskan pelayanan dasar masyarakat, baik kesehatan maupun pendidikan, disamping infraatruktur dan ekonomi, "paling penting adalah pelayanan dasar, pendidikan, kesehatan, ekonomi, tentu dengan penyesuaian kemampuan anggaran daerah," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, tahapan pembahasan rancangan awal RPJMD dilakukan pemerintah melalui Bappelitbangda Kota Ternate bersama sejumlah pihak. Selanjutnya, Bappedalitbangda mengajukan rancangan awal RPJMD kepada Wali Kota untuk memperoleh persetujuan pembahasan dengan DPRD. Wali Kota selaku kepala daerah kemudian mengajukan rancangan awal RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan. 

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT