Home / Advertorial / Bappelitbangda

Besok, Pemkot Ternate Gelar Forum OPD dan Musrembang Tingkat Kota

22 Maret 2022
Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menjadwalkan pelaksanaan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Musrenbang tingkat Kota pada tanggal 23 dan 24 Maret 2022.

Rencananya, dua agenda perencanaan tersebut akan dilangsungkan di Royal Resto dengan melibatkan seluruh OPD termasuk delegasi Kecamatan dan Kelurahan serta unsur terkait lainnya.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, dalam keterangan resminya menyampaikan, dua kegiatan tersebut, rencananya akan dibuka oleh Wali Kota Ternate.

"Jadi dua hari kegiatan ini Insya Allah akan dibuka secara resmi oleh pak Wali Kota, bertempat di Ballroom Royal Resto," ujar Rizal, Selasa (22/3/2022).

Dia menjelaskan, pelaksanaan forum OPD, akan dibuka dengan pemaparan yang dilanjutkan dengan diskusi yang dibagi berdasarkan bidang pelayanan.

"Jadi kita buat ini untuk lebih mempermudah pemilahan usulan yang dihasilkan pada saat Musrenbang tingkat Kecamatan," ujarnya.

Sejumlah program kegiatan yang diperoleh melalui musrenbang tingkat Kecamatan, lanjut Rizal akan disinergikan dengan Rencana Kerja (Renja) dari setiap OPD untuk tahun 2023.

"Sehingga bisa berdiskusi secara langsung atau melakukan kajian-kajian dengan OPD teknis tentang apa yang sudah mereka sepakati saat Musrenbang di tingkat Kelurahan dan Kecamatan," terang Rizal.

Dalam pelaksanaan forum OPD ini nantinya direkap tentang hasil kesepakatan keberpihakan yang masuk pada setiap bidang. Musrenbang kali ini Bappelitbangda juga sudah menelaah untuk melihat sejauh mana keberpihakan program dah kegiatan berdasarkan hasil kompilasi setiap OPD dengan hasil Musrenbang Kecamatan.

"Bappelitbangda akan membuat Musrenbang kali ini lebih fokus, sehingga nantinya tidak sekedar melihat keterkaitan program kegiatan di masing masing bidang, melainkan akan dilihat tentang sejauh mana program dan kegiatan itu diarahkan untuk penguatan terhadap 8 misi dan 14 program prioritas. Dan yang lebih terfokus adalah 3 program prioritas di 2023," tutur Rizal.

Sementara untuk Musrenbang Kota pada tanggal 24 Maret, nantinya ada forum diskusi dengan melibatkan pihak pihak yang lebih berkompeten.

"Misalnya saat membahas tentang bidang pendidikan maka akan dilibatkan rektor Unkhair, kemudian bidang kesehatan akan dilibatkan dekan fakultas Ilmu Kedokteran, kemudian soal PDRG, inflasi hingga penganggruan akan dilibatkan kepala BI cabang Malut," sebutnya.

"Kalau sebelum sebelumya hanya pimpinan OPD yang kami libatkan sebagai narasumber, kali ini akan berbeda dan lebih berwarna. Sehingga setiap isu yang mau didorong di tahun 2023 benar-benar mendapat penguatan oleh orang orang yang mencermati Kota Ternate dari sisi luar. Nantinya OPD OPD kita yang akan merespon soal itu," terang Rizal.

Menurutnya, Musrenbang kali ini akan ditelah lebih jauh dan mengkompilasi lebih detail terkait dengan hal hal yang menjadi kebutuhan masyarakat. "Hal itu juga akan disinergikan dengan 8 visi dan 14 program prioritas Wali Kota," tutup Rizal.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT