Home / Advertorial / Bappelitbangda

1.156 Usulan Hasil Musrenbang di Tujuh Kecamatan

Batang Dua Baru Melaksanakan Musrembang Besok
01 Maret 2022
Wali Kota Ternate bersama Kepala Bappelitbangda

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Bappelitbangda mencatat, tidak kurang dari 1.152 usulan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 dari tujuh kecamatan di Kota Ternate, minus Kecamatan Batang Dua. 

Berdasarkan hasil rekapan Bappelitbangda Kota Ternate, usulan hasil Musrenbang di Kecamatan Ternate Tengah di bidang infrastruktur dan kewilayaan total usulan berjumlah 199, pemerintahan dan pembangunan manusia sebayak 38 usulan, dan ekonomi serta sumber daya alam sebanyak 52 usulan.

Kemudian di Kecamatan Ternate Utara, bidang infrastruktur dan kewilayaan sebanyak 135 usulan, pemerintahan dan pembangunan manusia 85 usulan, dan ekonomi sumber daya alam 36 usulan.

Kecamatan Ternate Selatan di bidang infrastruktur dan kewilayaan 141 usulan, pemerintahan dan pembangunan manusia 41 usulan, ekonomi dan sumber daya manusia sebanyak 33 usulan. 

Selanjutnya, Kecamatan Pulau Ternate di bidang infrastruktur dan kewilayaan 28 usulan, pemerintahan dan pembangunan manusia 34 usulan, ekonomi dan sumber daya alam 22 usulan.

Kecamatan Ternate Barat bidang infrastruktur dan kewilayaan 21 usulan, pemerintahan dan pembangunan manusia 53 usulan, ekonomi dan sumber daya alam 31 usulan.

Kecamatan Moti di bidang infrastruktur dan kewilayaan 20 usulan, pemerintahan dan pembangun manusia 38 usulan, ekonomi dan sumber daya alam 23 usulan.

Srmentara Kecamatan Pulau Hiri 58 usulan di bidang infrastruktur dan kewilayaan, bidang pemerintahan dan pembangunan manusia 45 usulan, serta ekonomi dan sumber daya alam 23 usulan. 

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, dari delapan kecamatan pelaksanaan musrenbang sesuai tahapan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional itu mengamanatkan setelah musrenbang kecamatan, akan dilanjutkan dengan musrenbang kota didahului dengan forum OPD. 

"Delapan kecamatan ini, besok pagi baru kita gelar musrenbang tingkat kecamatan yang terakhir di Pulau Batang Dua," jelasnya.

Dikatakan,, Musrenbang di Batang Dua dibuat agak berbeda, karena jarak dan waktu, sehingga di pekan kemarin sudah diperintahkan ke Camat untuk dibuat pra Musrenbang.

"Tiba disana kami hanya mengambil apa yang telah disepakati di pra musrenbang kecamatan, sehingga agenda dari musrenbang ini kami bisa fokus melihat mana hal-hal penting untuk diselesaikan di tahun 2023," ucapnya.

Lanjut Rizal, ada beberapa agenda penting musrenbang di Batang Dua ini yakni, komitmen Wali Kota untuk gaduli BAHIM (Batang Dua, Hiri dan Moti). 

"Contohnya, penerangan di Batang Dua 1x24 jam, lalu melihat secara langsung kesiapan itu. Bahkan, ada masyarakat rela pohon untuk ditebang untuk jaringan listrik, lalu pembangunan jalan yang  rusak masuk di APBD  2022," bebernya.

Musrenbang kata Rizal, Wali Kota juga memboyong OPD yang ikut mendampingi seperti Kepala Bapelitbangda, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Dinkes dan Dukcapil. 

Tak hanya itu, Rizal mengakui, alokasi anggaran APBD 2022 di Batang Dua sebesar Rp, 9 miliar untuk berbagai item kegiatan termasuk rehabilitasi kantor Koramil di Mayau, rehab rumdis Koramil dua unit yang sudah rusak, pembangunan peningkatan sumur bor dan jaringan pipa di Batang Dua, pergantian jembatan dalam kota di Mayau, dan lain-lain. 

Sekadar diketahui, selain menghadiri Musrembang, orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate juga dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (kunker) untuk meresmikan pasar di Mayau,  tinjau puskemas Mayau, Kantor Koramil dan melihat mesin pembangkit di Mayau.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT