Home / Pariwisata / Akomodasi
18 Maret 2019

Tiket Pesawat Mahal, Tingkat Kunjungan Wisatawan Ke Ternate Turun

Kadis Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly, S.STP

TERNATE, OT - Tingginya harga tiket pesawat untuk perjalanan domestik, mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Ternate.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Ternate, Samin Marsaoly saat ditemui indotimur.com, Senin (18/3/2019) di ruang kantornya mengaku, tingkat kunjungan wisata ke Kota Ternate, menurun sejak kenaikan harga tiket pesawat bulan Desember tahun lalu.

Kata dia, berdasarkan catatan Dispar, tingkat kunjungan wisata ke Ternate mengalami penurunan hingga 40 persen akibat mahalnya harga tiket pesawat, "ini berdasarkan catatan kami, tingkat hunian hotel menurun, itu artinya, kunjungan ke Ternate juga turun," ucap Samin seraya menyebut, turunnya kunjungan wisatawan ke Ternate lebih disebabkan mahalnya harga tiket pesawat.

Menurutnya, jika hal ini terus terjadi, maka dapat dipastikan target pada sektor pariwisata khususnya kunjungan tidak memenuhi target, "kita khawatir, jika kondisi ini terus berlangsung, akan mempengaruhi pada target kunjungan wisatawan ke Ternate," ucapnya.

Hal ini, lanjut Samin, harus mendapat perhatian khusus, terutama dari pihak regulator dan maskapai, juga pihak terkait lainnya,

"Semua sangat peduli dan tidak ada toleransi untuk keamanan dan keselamatan transportasi apapun, khususnya penerbangan," tukasnya.

Namun, sambung Samin, melihat dari perbandingan peningkatan harga tiket pesawat rute domestik dan internasional saat ini cukup mengherankan, "ambil contoh, rute Jakarta - Singapore lebih murah dari ruter Ternate - Manado, padahal jarak tempuh lebih dekat Ternate - Manado dibanding Jakarta - Singapore," ungkap Samin seraya meminta pihak terkait harus segera mencari solusi sehingga kondisi ini tidak berlangsung lama.(thy)


Reporter: Ibenk