Home / Indomalut / Tidore
19 April 2019

Pemda Tikep Akan Mediasi Masalah Tarkam

Suasana Pertemuan di Kediaman Ahmad Hatary

TIDORE, OT- Masalah Tawuran antar kampung (Tarkam) yang terjadi di Kelurahan Tomalou dan Kelurahan Gurabati yang disebabkan karena salah komunikasi, sehingga menyebabkan masyarakat kedua Kelurahan saling serang menggunakan batu akan diselesaikan oleh pemda Kota Tidore Kepulauan (Tikep)

Wali Kota Tidore Ali Ibrahim mengatakan, penyelesaian masalah dengan melakukan mediasi di masjid Tomalou ini untuk segera selesaikan.

Kata Ali, saat ini dirinya sudah memerintahkan Lurah untuk mengidentifikasi berapa rumah yang rusak di Kelurahan Tomalou dan Gurabati agar segera diselesaikan.

Lanjutnya, setelah mediasi di masjid Tomalou ini, pihaknya akan menghubungi Ahmad Hatary untuk memastikan waktunya kapan, sehingga bisa melakukan pertemuan dengan kedua belah pihak agar mencari solusi penyelesaian masalah yang terjadi.

Sementara Kapolres Kota Tidore AKBP Doly Heriyadi usai mediasi bersama masyarakat Tomalou mengatakan, kehadirannya untuk menyelesaikan masalah di Tomalou.

Kata dia, masalah di Tomalou karena adanya mis komunikasi, sehingga terjadilah saling serang antar masyarakat Tomalou dan Gurabati yang dipicu dari pernyataannya Ahmad Hatary. "Intinya menyinggung perasaan masyarakat sehingga Polri bersama TNI telah mengambil langkah persuasif agar masalah ini tidak melebar," ujarnya.

"Karena mis komunikasi sehingga masyarakat mendapat informasi pengrusakan rumah milik Ahmad Hatary yang dilakukan masyarakat Tomalou, akhirnya ada reaksi masyarakat Gurabati melakukan pengejaran ke masyarakat Tomalou," tuturnya.

Saat ini, dirinya telah memerintahkan Kasat Serse Polres Tidore untuk melakukan penyelidikan di lapangan terkait dengan oknum- oknum dalam kasus ini, sehingga masalah ini dapat segera teratasi.

Lanjutnya, masyarakat Tomalou menjamin adanya keamanan dan tidak mengganggu fasilitas umum, namun Polri dan TNI tetap siagakan personel di lapangan sampai kasus ini selesai dan secepatnya bisa ada titik terang.(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"