Home / Indomalut / Ternate
15 April 2019

Wali Kota Ternate Pimpin Apel Kesiapsiagaan Satuan Linmas Kota Ternate

Walikota Ternate saat membacakan sambutan

TERNATE, OT - Pemerintah Kota Ternate (Pemkot), Senin (15/4/2019) melaksanakan apel kesiapsiagaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, bertempat di stadion Gelora Kie Raha Ternate.

Apel Kesiapsiagaan Linmas turut dihadiri unsur Forkompinda Kota Ternate, para pejabat SKPD di lingkup Pemkot Ternate, para Camat dan Lurah serta ratusan anggota Linmas Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdulrahman dalam sambutanya mengatakan Pemilihan Umum tahun 2019, sudah memasuki tahapan minggu tenang dan pendistribusian logistik, dimana setelah itu, akan memasuki tahapan pemungutan dan perhitungan suara pada tanggal 17 April besok.

"Untuk itu seiring dengan situasi keamanan di Kota Ternate menjelang hari pemungutan suara secara umum masih cukup kondusif, akan tetapi kita harus tetap miningkatkan kewaspadaan dari berbagai gangguan dan ancaman berupa isu-isu yang dapat menghambat suksesnya penyelenggaraan Pemilu," kata Wali Kota.

Dengan demikian, lanjutnya, perlu adanya suatu upaya bersama dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan potensi gangguan dan ancaman yang akan muncul terutama pada hari pemungutan dan penghitungan suara Pemilu, "sehingga pada hari ini saya merasa perlu untuk melakukan Apel Kesiapsiagaan bagi semua Anggota Satuan Linmas dan ASN lingkup pemerintah Kota Ternate," ungkapnya

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu, menambahkan, Apel Kesiapsiagaan yang dilakukan hari ini bertujuan agar semua pihak dapat menyamakan langkah dan satu tekad untuk menyukseskan Pemilu 2019.

"Disisi lain, Apel Kesiapsiagaan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bahwa tugas menyukseskan Pemilu bukan semata-mata tugas KPU dan Bawaslu, akan tetapi semua unsur harus turut bertanggung jawab, termasuk Satuan Linmas dan ASN," tegas Wali Kota.

Oleh karena itu, kata Wali Kota, Satuan Linmas dan ASN diminta untuk secara aktif turut serta bersama komponen bangsa lainnya dalam mengawal setiap tahapan Pemilu agar dapat berlangsung aman lancar dan damai.

"Hal ini perlu saya tekankan, karena secara teknis pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi terutama saat dilakukannya pemungutan dan penghitungan suara pada TPS-TPS," tambahnya.

Pemilu kali ini, lanjut Wali Kota, terdapat 593 TPS yang tersebar di Kelurahan kelurahan dalam Wilayah Kota Ternate, dimana setiap TPS harus mendapatkan pengawalan selain dari aparat Kepolisian juga oleh dua orang anggota satuan Linmas per-TPS, "sehingga anggota Satuan Linmas yang dibutuhkan berjumlah 1.186 personil. Sesuai laporan tentang kesiapan jumlah anggota Linmas dalam pengamanan TPS sudah dilakukan perekrutan, dan hari ini mengikuti Apel Kesiapsiagaan," ungkapnya.

Kepada anggota Satuan LINMAS yang nantinya di berikan tugas melakukan pengamanan di TPS, Wali Kota meminta untuk melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, dengan berupaya menciptakan kenyamanan bagi warga pemilih, dan mengawal jalannya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara

 "Hal yang penting untuk menjadi perhatian setiap anggota Satuan Linmas, yakni menjaga kedisiplinan selama lakukan pengawalan TPS, karena saudara juga turut bertanggung jawab atas keberlangsungan proses Pemilu maupun pengamanan dokumen Pemilu," harapnya.

Wali Kota juga meminta semua pihak yang terlibat dalam proses Pemilu khususnya Linmas untuk terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan aparat keamanan lainnya, "jika ada masalah yang timbul terkait dengan tugas Satuan Linmas, saya mintakan para Camat dan Lurah sebagai Pembina Satuan Linmas di wilayahnya masing-masing, agar senantiasa memberikan arahan dan pembinaan bagi terlaksananya dengan baik atas tugas yang diemban oleh anggota Satuan Linmas" pungkas Wali Kota. (red)


Reporter: Randy Basri