Home / Indomalut / Ternate
15 Maret 2019

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Kecamatan Dan Kelurahan, Bagian Pemerintahan Gelar Workahop

Sekot : Aparatur Harus Mampu Mensejahterakan Masyarakatnya

MALANG, OT - Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan keuangan di tingkat Kecamatan Kota Ternate, Bagian Pemerintahan Setda Kota Ternate, melaksanakan workshop Peningkatan Kapasitas Aparatur se-Kecematan Kota Ternate Bodang Pengelolaan Keuangan Kelurahan di hotel Amaris Kota Malang, Jawa Tinur.

Kegiatan yang dihadiri para camat, Sekretaris Camat dan kasie Keuangan se-Kota Ternate itu, dibuka langaung oleh Sekrataris Kota (Sekot) Ternate, Dr M Tauhid Soleman.

Kabag Pemerintahan Setda Kota Ternate, Aryandi Arif menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur khususnya Camat, Sekcam dan kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) se-Kecamatan Kota Ternate dalam mengelola keuangan khususnya Dana Pembangunan Partisipatif Kelurahan (DPPK) dan Dana Kelurahan (DK).

Menurutnya, kegiatan ini hasil kerjasama Pemerintah Kota Ternate dengan CV. Bakti Praja Utama Bangkalan Madura, "ini tahun ketiga, Pemkot bekerjasama dengan Bakti Praja Utama dalam peningkatan kapasitas aparatur," ujar Ariyandi yang akrab disapa Ando.

Dia berharap, dengan kegiatan ini, aparatur Kecamatan dan Kelurahan yang nantinya mengelola DPPK dan DK, mampu mengelola dan memanfaatkan untuk kesejahteraan maayarakat.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekot) Ternate, Dr M Tauhid Soleman dalam sambutannya menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate saat ini telah melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Untuk itu, tentu perlu ada peningkatan SDM di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan yang ada di Ternate, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan," kata Sekot.

Dikatakan, dengan munculnya Permendagri nomor 130 tentang pembangunan sarana, prasarana dan pemberdayaan masyarakat, tentu aparatur di tingkat Kecamatan dan Kelurahan harus lebih siap dan profesional dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, termasuk dalam pengelolaan Dana Kelurahan (DK) maupun Dana Pembangunan Partisipatif Kelurahan (DPPK).

Untuk itu, lanjut Sekot, ada dua langkah yang dilakukan Pemkot Ternate dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, "yang pertama yakni, mengisi kekosongan jabatan di tingkat Kecamatan dan Kelurahan, kemudian langkah kedua adalah meningkatkan kapasitas aparatur baik di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan di Ternate," ungkapnya.

Sekot berharap, dengan adanya kegiatan ini, para peserta khususnya Camat, Sekcam dan kasie di Kecamatan mampu mengimplementasikan materi yang diperoleh dari kegiatan ini.

Pada kesempatan tersebut, Sekot atas nama pemerintah juga menyampaikan terima kasih, penghargaan dan apresiasi kepada penyelenggara yang selama beberapa tahun terakhir ini, menjadi mitra Pemkot dalam meningkatkan kapasitas aparatur di lingkup Pemkot Ternate.

"Semoga pelatihan ini menjadi bagian dari proses pembelajaran bagi seluruh aparatur di Kecamatan dan Kelurahan di lingkup Kota Ternate," harap Sekot. (thy)


Reporter: Ibenk