Home / Berita / Nasional
25 Januari 2018

TNI AD Akan Bangun Batalyon Komposit di Morotai

DARUBA, OT- Program Mabes TNI untuk kesiapan pulau-pulau terluar sebagai basis pertahanan menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI serta dijadikan kapal Induk Indonesian, maka di Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara (Malut) akan dibangun Batalyon Komposit TNI AD.

Untuk memulai persiapan pembangunan, Kamis (25/1/2-18) siang tadi, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi S, Kasilog Korem 152/Babullah Mayor Inf Davit S Sirait,  Pasi Komsos Korem 152/Babullah Kapten Inf Rusmin N, Anggota DPRD Pulau Morotai Ajudin Tanimbar dan Kabag Peerintahan Setda Pulau Morotai Basri Hamaya, meninjau lahan pembangunan Yon Komposit TNI AD di desa Dehegila kecamatan Morotai Selatan seluas 12 hektar.

Selain itu, Dandim beserta rombongan menuju ke desa Sangowo kecamatan Morotai Timur untuk mengecak lahan seluas 70 hektar yang rencanaya akan dibangun Mayon, 1 Rai Arhanud, 2 kompi Infanteri, dan 1 kompi Zeny tempur.

Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra  mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan  hari ini adalah pihaknya bersama Pemda Morotai untuk menyiapkan segera lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Batlyon Komposit TNI AD di Morotai, karena akan dilaporkan ke Komndo atas guna kesiapan pembangunannya.

Kata dia, Batalyon Komposit adalah program Mabes TNI yang menginginkan kesiapalan pulau-pulau terluar sebagai basis pertahanan untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI dengan memanfaatkan pulau terluar untuk dijadikan kapal Induk di Indonesian.

“Apabila Yon Komposit sudah berdiri di Morotai diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyrakat diesekitar Yon Komposit, dan perkonomian di morotai pada umumnya,” harapnya.(red)


Reporter: Tim