Home / Wonderful Kotaku

Dispar Kota Ternate Akan Bangun Pariwisata di Kecamatan Terluar Tahun 2022

02 Februari 2022
Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Parawisata (Dispar), akan membangun potensi destinasi wisata di tiga Kecamatan terluar pada tahun 2022.

Plt Kepala Dinas Parawisata (Kadispar) Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, Pemkot Ternate melalui Dispar akan memprioritaskan pengembangan destinasi wisata pada tiga Kecamatan terluar, yaitu Kecamatan Moti, Hiri dan Batang Dua.

Menurutnya, berdasarkan arahan dari Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di tahun 2022 untuk pengembangan infrastruktur pada tiga Kecamatan terluar. Tidak hanya pembangunan yang ada di PUPR Kota Ternate. Namun dibeberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ada untuk peningkatan fasilitas pelayanan dasar di sana.

"Salah satunya pengembangan destinasi wisata yang ada di Kecamatan Moti, Hiri dan Batang Dua, untuk pengembangan wisata di tiga Kecamatan tersebut di yahun 2022 ini," ujar Rizal saat ditemui indotimur.com, Rabu (2/02/2022) di kantor DPRD.

Kata dia, tahun 2022 ini Dispar mencoba mendorong Kecamatan Pulau Hiri sebagai destinasi wisata Bahari, karena di sana terdapat berbagai potensi, terutama di Kelurahan Tomajiko, Kelurahan Gurabala dan Kelurahan Faudu, kiranya bisa menjadikan Daya Tarik Wisata (DTW) tersendiri.

Selain itu, alokasi para wisata untuk tahun 2022 ini khususnya Kecamatan Pulau Hiri dibidang para wisata direncanakan dibangun dive center di Kelurahan Faudu dan fasilitas lainnya  di Kelurahan Toma Jiko. Tentu ini memiliki satu semangat baru bagaimana mengembangkan potensi wisata ditiga Kecamatan terluar.

"Sementara wisata di Kecamatan Moti punya kekuatan branding sangat luar biasa yang dikenal Moti Ferbond. Selain itu, Kecamatan Batang Dua juga memiliki sejumlah potensi wisata cukup banyak jadi ini penting didorong tahun 2022," ucap Rizal.

Lanjut dia, untuk tiga Kecamatan terluar kalau mau didorong ekonominya maka harus dari sektor parawisata, karena tiga Kecamatan tersebut punya kekuatan Sumber Daya Alam (SDA) cukup melimpah, tinggal nutuh sentuhan saja.

Oleh karena itu, di tahun 2022 ini Dispar Kota Ternate akan kembangkan potensi wisata pada tiga Kecamatan terluar.  Kita akan membuat packing, sehingga benar-benar menarik dan punya daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang dilokasi tersebut," tutup Rizal.(ded)


Reporter: Dedi Sero Sero
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT