Home / TNI

Tahun Depan, Pos AL Sanana Naik Status Jadi Lanal Tipe D

24 November 2021
Kolonel Laut Ashari S. Abidin

TERNATE, OT - Pos Angkatan Laut (Pos AL) Sanana, pada tahun depan akan naik status menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sanana tipe D, dan akan diresmikan operasionalnya oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate, Kolonel Laut Ashari S. Abidin kepada awak media Rabu, (24/11/2021) mengatakan, rencana penaikan status Posal itu, berdasarkan arahan dari Bapak Kasal.

"Iya tahun 2022, status Posal di Sanana akan naik menjadi tipe D," ucapnya.

Menurutnya, kenaiakan status tipe D itu akan dipimpin oleh seorang Mayor dan semoga dengan ditingkatkan Lanal tipe D ini dapat meningkatkan keamanan di wilayah Sanana dan sekitarnya.

Untuk Pos AL di wilayah Malut kata dia, kurang lebih 5 dan 1 diantaranya yakni Pos AL Sanana yang direncanakan akan ditingakat statusnya di tahun 2022, sekaligus diresmikan oleh Kasal.

"Untuk itu, Pos AL Sanana diharapkan harus mampu berperan dibaris terdepan dalam mempertahankan wilayah perairan yurisdiksi nasional dan ikut bertanggung jawab dalam memberikan jaminan, maupun stabilitas keamanan laut di wilayah kerjanya secara profesional,” ungkapnya.

Disamping itu, Lanal Tipe D di Sanana harus mampu memberikan kontribusi positif sebagai motivator dan dinamisator dalam pembangunan kelautan di daerah, khususnya Provinsi Maluku Utara sesuai fungsi dan kewenangannya.(ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT