Home / Indomalut / Tidore
14 Juni 2019

Disbudpar Tikep Gelar Workshop Tarian Kolosal dan Tarian Daerah

Pembukaan workshop Tarian daerah di Tidore

TIDORE, OT- Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar workshop pembentukan tarian kolosal dan kolaborasi beberapa tarian daerah Tidore, yang dibuka oleh Wali Kota Tidore, Ali Ibrahim bertempat di Aula SMK Negeri 1 Kota Tidore, Jumat (14/6/2019).

Ali Ibrahim mengatakan, pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, undang-undang ini menempatkan kebudayaan pada posisi strategis, dari hal tersebut sudah sangat jelas pemerintah sangat mendukung dan menjamin tentang pemajuan kebudayaan.

Lanjutnya, kegiatan pada hari ini sudah menunjukkan tentang kepedulian bersama akan kebudayaan yakni seni tari, bentuk kepedulian bisa diungkapkan dengan pelestarian akan sebuah tarian daerah maupun dikembangkan tapi tanpa harus melupakan makna yang terkandung dalam tarian asli.

Wali Kota berharap, peserta agar mengikuti workshop dengan sungguh-sungguh, bisa bekerja sama dengan baik dan mampu untuk mengimplementasikan informasi yang sudah diterima. "Agar rencana kita untuk menampilkan yang terbaik pada acara pertemuan GMNC Ke-10 bulan Juli Tahun 2019, Festival Tidore 2020 serta menghadapi Sail Tidore (500 tahun Napak Tilas perjalanan mengelilingi dunia Magellan dan Elcano) Tahun 2021 dapat berjalan dengan baik dan lancar," harap Wali Kota.

Sementara Kepala Disbudpar Tidore Yakub Husain mengatakan, tujuan pelaksanaan workshop ini adalah untuk meletakkan dasar tari dalam rangka pembentukan Tarian Kolosal dan Kolaborasi beberapa tarian daerah tidore menyambut kegiatan Pertemuan GMNC Ke-10 bulan Juli Tahun 2019, Festival Tidore 2020 serta menghadapi Sail Tidore (500 tahun Napak Tilas perjalanan mengelilingi dunia Magellan dan Elcano) Tahun 2021 mendatang.

Workshop ini menghadirkan Ahli Koreografer dan Seni, Eko Supriyanto yang dipercaya menjadi koreografer pada Pembukaan Asian Games ke-18 di Jakarta pada bulan Agustus tahun 2018 serta Pembukaan Garuda Wisnu Kencana di Bali pada bulan Agustus tahun 2018. 

Sedangkan peserta pada kegiatan workshop ini terdiri dari 15 sanggar seni serta komunitas seni yang ada di Kota Tidore kepulauan sebanyak 30 orang yang terdiri dari Pelatih tari dan Penari.(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"