Home / Indomalut / Tidore
02 Juli 2019

140 Orang JCH Tidore Ikut Bimbingan Manasik Haji

Suasana bimbingan Manasik Haji

TIDORE, OT- Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Asrul Sani Soleiman membuka secara resmi Bimbingan Manasik Haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Tidore, untuk musim Haji Tahun 1440 H/ 2019 M, di Aula SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, Selasa (2/7/2019).

Sekertaris Daerah Tidore Asrul Sani Soleiman mengatakan, ibadah haji merupakan ibadah yang mempunyai karakteristik khusus dalam kemampuan pelaksanaannya sehingga perlu dipersiapkan fisik dan mental dengan disertai niat yang tulus.

Lanjutnya, disamping itu JCH perlu memperhatikan, syarat, rukun, wajib, serta yang disunnahkan, sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji mendapatkan predikat haji yang mabrur.

"Saya menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak dan Ibu sekalian yang telah ditetapkan sebagai JCH Kota Tidore untuk musim Haji Tahun 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi dan JCH wajib bersyukur akan diberangkatkan tahun ini karena masih banyak calon haji kita yang masih masuk daftar tunggu, bahkan banyak dari saudara-saudara kita yang secara materi maupun fisiknya sudah siap namun belum memperoleh kesempatan untuk memperoleh panggilan-Nya," tutur Asrul.

Dirinya berharap, JCH dapat mengikuti manasik sampai dengan selesai dan menyimak penyampaian materi dengan baik, Manasik Haji ini merupakan gladi resik yang akan dilaksanakan di tanah suci, supaya pelaksanaan Ibadah Haji nanti dapat terlaksana dengan baik dan menjadi haji yang mabrur.

Sementara, Kepala Bagian Kesra Setda Tidore Sahnawi Ahmad mengatakan, tujuan pelaksanaan pembinaan manasik haji ini agar setiap JCH yang akan melaksanakan niat sucinya menunaikan ibadah haji ke baitullah dapat melaksanakannya dengan baik, aman, tertib, lancar dan sempurna sehingga tujuan haji, dapat tercapai yakni menjadi haji yang mabrur.

"JCH Kota Tidore yang mengikuti bimbingan Manasik Haji untuk Musim Haji 1440 H/ 2019 M sebanyak 140 orang Jamaah yang terdiri dari 65 orang Jammah Laki- laki dan 75 orang Jamaah Perempuan, dan JCH dengan usia tertua adalah Ibu Jumati Saraha (83 tahun) dari Kelurahan Afa-afa Kecamatan Tidore Utara," ungkapnya.(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"