Home / Indomalut / Ternate
01 April 2020

Warga Yang Masuk Ke Moti Wajib Isolasi

Aparatur Kecamatan dan Kelurahan di Moti Berlakukan Protokol Kesehatan

Pemeriksaan suhu tubuh bagi warga yang baru tiba di Kecamatan Moti melalui pelabuhan fery/speedboat dan pelabuhan rakyat di Moti

TERNATE, OT - Untuk mencegah penyebaran coronavirus (covid-19) di Kecamatan Moti, aparatur Kecamatan bersama Lurah, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan petugas kesehatan memberlakukan protokol kesehatan bagi warga yang baru tiba di Kecamatan Moti, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut)

Selain memberlakukan protokol pemeriksaan suhu tubuh dan Isolasi bagi warga yang baru tiba di Kecamatan Moti melalui pelabuhan ferry maupun pelabuhan spedboat dan pelabuhan rakyat, pemerintah Kecamatan dan Kelurahan juga intens melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus kepada warga Moti.

Sekretaris Camat (Sekcam) Moti, Ahmad Yasin kepada indotimur.com, melalui telepon selularnya, Rabu (1/4/2020) mengatakan, pemberlakukan protokol pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang baru tiba di Kecamatan Moti telah diberlakukan sejak pekan lalu.

"Pemeriksaan sudah dilakukan hampir 1 minggu terakhir terhadap semua warga yang baru datang ke Moti, baik melalui pelabuhan fery maupun pelabuhan speedboat dan motor kayu (pelabuhan rakyat-red)" ujar Sekcam melalui telepon selularnya.

Sejauh ini, lanjut Sekcam, sudah ada lebih dari 500 warga yang masuk ke Moti dan menjalani pemeriksaan di pintu-pintu masuk, baik pelabuhan fery maupun pelabuhan rakyat.

"Yang sudah diperiksa kurang lebih 500 orang yang masuk dan telah diperiksa suhu tubuh, jika suhu tubuh diatas 37°°, dengan keluhan batuk dan demam, diisolasi secara mandiri dan terus dipantau," jelas Sekcam seraya menyebut, hingga saat ini tercatat ada 10 orang yang diisolasi secara mandiri.

Menurutnya, setiap pintu masuk ke Kecamatan Moti, sudah ditempatkan petugas-petugas baik dari Kecamatan, Kelurahan maupun tenaga kesehatan dari Puskesmas, "kita cek setiap saat, kita libatkan petugas Puskesmas untuk melakukan pengecekan," ungkap Sekcam seraya menyebut, pihaknya intens melakukan pengawasan terhadap warga yang baru datang dari kawasan yang ditetapkan zona merah.

"Ini kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, setiap warga yang datang, wajib isolasi mandiri dan petugas kesehatan rutin melakukan pengecekan terhadap warga yang baru datang," tukasnya.

Selain itu, kata Sekcam, aparatur Kelurahan se-Kecamatan Moti bersama Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa terus melakukan sosialisasi upaya-upaya pencegahan penyebaran dengan mendatangani warga.

"Camat dan Lurah serta Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas terus bergerak mensosialisasikan ke masyarakat terkait pencegahan covid-19 di Kecamatan Moti," 

Dia berharap masyarakat Kecamatan Moti mematuhi  himbauan pemerintah untuk tidak berkerumun, menjaga kesehatan, rutin berolahraga, sering cuci tangan dan menjaga jarak, "mudah-mudahan wabah ini segera berakhir," harapnya. (thy)


Reporter: Ibenk