Home / Indomalut / Ternate

Urai Kemacetan, Pemkot Ternate Lakukan Penertiban dan Penataan di Sepanjang Jalur Depan Pasar Higenis

Dishub Tempatkan 24 Petugas Pengawasan Penertiban Lalulintas
11 Januari 2023
Kawasan depan pasar Higenis mulai tertib setelah “dikeroyok” 3 OPD

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perindag dan Satpol PP dalam sepekan terakhir melalukan penataan dan penertiban pedagang dan kendaraan di sepanjang jalan depan pasar Higenis Ternate.

Upaya ini dilakukan untuk mengurai kemacetan sekaligus menata kawasan pusat perdagangan di pasar Higenis.

.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Ternate, Mochtar Hasim mengatakan, penataan dan penertiban yang dilakukan OPD terkait merupakan upaya pemerintah dalam menata kawasan zona ekonomi terpadu.

"Sesuai instruksi pak Wali, tiga OPD terkait langsung melakukan penataan dan penertiban di sepanjang jalan depan pasar Higenis, Dishub akan mengatur lalulintas sementara Disperindag akan menata pedagang nanti dibackup personil Satpol PP," tukasnya.

Dalam upaya ini, lanjut Mochtar, pihaknya menempatkan 24 petugas yang dibackup petugas Disperindag dan Satpol PP, "jajaran Dishub ini akan dibagi dua shift, pagi dan siang, pagi dari jam 8 sampe jam 12, lanjut sift siang jam 12:30 sampai jam 4 sore," terang Mochtar seraya menyebut pengawasan ini akan dilakukan secara rutin.

.

Dikatakan Mochtar, penataan dan penertiban di sepanjang jalur depan pasar Higenis telah dilakukan dalam sepekan terakhir, "sudah masuk hari ke-4, sambil kita evaluasi, nanti hasil evaluasi kita sampaikan ke pimpinan (Wali Kota) untuk ditindak lanjuti," kata Mochtar yang ditenui di depan pasar Higenis, Rabu (11/1/2023).

Dia juga meminta dukungan selurun masyarakat untuk ikut mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah dalam menata kawasan pusat zona ekonomi di Kota Ternate, "tentu kami juga meminta dukungan masyarakat secara bersama-sama pemerintah dalam menata kawasan pusat kota," ungkap Mochtar.

.

Pantauan indotimur.com di sepanjang jalur depan pasar Higenis dan lapak buah, puluhan personil Dishub ditempatkan untuk mengawasi wilayah tersebut.

Kawasan trotoar yang sebelumnya ditempati pedagang juga sudah ditertibkan, begitu juga jalur depan pasar buah sudah tidak lagi terlihat kendaraan atau gerobak pedagang yang terparkir.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT