Home / Indomalut / Ternate
30 Juli 2020

Tidak Ada Petugas, Ruas Jalan Depan Pasar Higenis Macet Total

Kondisi lalulintas sepanjang pasar Gamalama Kota Ternate (foto Nawir)

TERNATE, OT - Sehari jelang lebaran, warga di Kota Ternate memadati sejumlah pasar yang berada di pusat kota. Akibatnya, ruas jalan Djabir Syah tepat di depan pasar Higenis mengalami kemacetan hebat.

Amatan indotimur.com, pada Kamis (30/7/2020) sejak pagi hingga sore, kawasan ekonomi terpadu mengalami kemacetan hebat. Selain karena dipadati warga yang berbelanja kebutuhan lebaran, kemacetan ini juga terjadi karena banyak kendaraan roda dua maupun roda empat yang diparkir di badan jalan.

Kondisi ini diperparah dengan minimnya petugas baik Dishub maupun Satlantas yang biasanya berjaga di kawasan tersebut.

Ridwan, salah satu warga Ternate kepada indotimur.com mengeluhkan, kondisi jalan raya di depan pasar higenis yang mengalami kemacetan hebat.

Dia juga mempertanyakan keberadaan petugas Dishub atau Kepolisian yang tidak berada di lapangan untuk mengatur lalulintas.

Dia menyebut, selain parkir yang sembrawut, krmacetan di depan pasar higenis juga dipicu tidak adanya petugas di kawasan tersebut.

Harusnya, kata Ridwan, Dishub maupun Polisi.sudah mengantisipasi hal-hal seperti ini, apalagi di momen lebaran, "biasanya dua hari atau tiga hari jelang lebaran, petugas banyak, tetapi hari ini tidak terlihat petugas mengatur lalulintas," kesalnya.

Kekesalan juga disampaikan Mina salah satu warga Ternate yang ditemui indotimur.com, saat hendak berbelanja di pasar higenis.

Dia mengaku, sejak pagi hingga sore ini, kondisi jalan Djabir Syah di depan pasar Sabi-Sabi hingga pasar Barito dekat jembatan mengalami kemacetan yang luar biasa.

"Anehnya tidak terlihat petugas terkait yang mengarahkan para pengendara sepeda motor, biasanya yang mengerahkan kendaraan itu dari Dishub," terangnya. (awie)


Reporter: Munawir Suhardi