Home / Indomalut / Ternate

Tak Ada Anggaran, Pemkot Ternate Batal Laksanakan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun Ini

05 April 2021
Pj Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang

TERNATE, OT - Meski telah diusulkan ke Kemempan RB, namun tahun ini, Pemkot Ternate batal melaksanakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun pengangkatan 2021.

Penjabat (Pj) Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang kepada indotimur.com, menyampaikan, sesuai laporan dari BKPSDM, tahun ini Pemkot Ternate tidak mengadakan seleksi CPNS maupun PPPK.

"Saya baru saja menandatangani surat pembatalan seleksi CPNS dan PPPK tahun ini," kata Hasyim saat memimpin apel gabungan di halaman kantor Wali Kota Ternate, Senin (5/4/2021).

BERITA TERKAIT : Pemkot Ternate Usulkan 124 CPNS Pada Tahun Ini

Menurutnya, keputusan Pemkot untuk.membatalkan pengadaan CPNS dan PPPK tahun pengangkatan 2021, setelah mendengar pertumbangan Sekretaris Daerah (Sekda) dan TPAD.

"Saya tegaskan tak ada penerimaan CPNS tahun ini, meski kita masih membutuhkan sejumlah tenega teknis lainya. Ini kenapa, karena belanja pegawai kita terlalu tinggi, kemudian anggaran kita tak ada dan bahkan sudah mendapat pertimbangan dari pak Sekda dan TPAD," ungkap Hasyin.

Menurutnya, bukan hanya pembatalan perekrutan CPNS dan PPPK, namun juga pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) bagi CPNS tahun pengangkatan 2020 juga belum dapat dilakukan, karena keterbatasan anggaran.

"CPNS tahun pengangkatan tahun 2020 juga belum melaksanakan Latsar, karena tidak punya anggaran," tukas Hasyim.

Dikatakan Hasyim, salah satu faktor keterbarasan anggaran karena banyaknya jumlah Pegawai TidaknTetap (PTT) atau honorer di kantor Lurah, kantor Camat dan SKPD.

"Ini dikerenakan banyaknya jumlah PTT atau honorer yang berada di SKPD yang tak tahu dari mana asalnya," kesal Hasyim.

Dia menduga, ada indikasi pembiaran yang dilakukan kepala-kepala OPD yang menerima PTT.

"Saya melihat adanya indikasi pembiaran dari SKPD, karena honorer tak jelas dan saya akan perintah satu-satu. Sehingga ini jika kedapatan maka ada oknum-oknum tertentu yang sengaja membiarkan pembayaran honoror yang begitu tinggi dan jika itu terjadi besok KPK masuk saya suruh periksa. Saya tak main-main," tegasnya

BACA JUGA : Ini Kuota dan Formasi Penerimaan CPNS dan PPPK 2021 yang Akan Dibuka

Sementara itu, Kepala  Bidang (Kabid) Pengadaan dan Pemberhentian BKPSDM Kota Teenate, Nanny Wardhani membenarkan informasi tersebut.

Kata dia, Pemkot Ternate melalui BKPSDM telah menyampaikan pembatalan usulan formasi CPNS dan PPPK ke Kemempan RB melalui zoom meeting pada Kamis (1/4/2021) pekan lalu atas persetujuan Pj Wali Kota.

Nanny mengaku, pembatalan seleksi CPNS dan PPPK Pemkot Ternate tahun ini, karena anggaran kegiatan pengadaan CPNS tidak diakomodir Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT