Home / Indomalut / Ternate

Tahun Depan, Distan Ternate Dapat DAK Sebesar Rp, 2 4 Miliar

13 Oktober 2021
Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly (foto_ibenk)

TERNATE, OT - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI, tahun depan akan mengelontorkan dana sebesar Rp, 2,4 miliar untuk Dinas Pertanian Kota Ternate guna membiayai tiga program dan kegiatan.

Anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 sebesar Rp, 2.434.880.000 itu untuk kegiatan pengembangan kepenyuluhan bidang ketenagaan, pengembangan perkebunan jalan usaha tani, dan penguatan irigasi.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, mengatakan, program penguatan irigasi difokuskan pada pengembangan irigasi air dangkal di Kecamatan Moti, "untuk pengembangan kekurangan air yang selama ini terjadi, akan dibantu melalui anggaran ini," kata Thamrin, Rabu (13/10/2021) di kantor Wali Kota.

Sementara untuk kegiatan pengembangan perkebunan jalan usaha tani, ada dua lokasi yang telah ditetapkan, "jalan perkebunan, kita dapat dua ruas, satu ruas sekitar Rp, 100 jutaan sudah tercantum lokasi yang akan dilaksanakan. Untuk jalan, rencananya di Loto dan Taduma," ungkap Thamrin seraya menyebut tekhnisnya belum dirilis.

Dia menambahkan, anggaran sebesar Rp, 2,4 miliar tersebut juga dibagi ke Dinas Ketahanan Pangan, "karena kita kan serumpun, jadi ada anggaran yang dishering ke Dinas Ketahanan Pangan," sebut Thamrin.

Mantan Kabag Humas Pemkot Ternate itu menjelaskan, seluruh program yang dibiayai melalui DAK tersebut bersifat padat karya, "jadi nanti kelompok tani itu yang melaksanakan kegiatan, tetapi itu diluar dari kegiatan yang berkaitan nonfisik," ungkapnya.

Dia berharap bantuan yang nantinya disalurkan ke kelompok tani, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, untuk meningkatkan produktifitas terutama para petani.

"Harapannya, bantuan yang nantinya disalurkan, dapat dimanfaatkan secara tepat guna, agar memberikan ruang dan akses untuk masyarakat tani," tutup Thamrin.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT