Home / Indomalut / Ternate

SK PTT Pemkot Ternate Tahun 2023 Segera Diterbitkan

Faizal : Paling Lambat Akhir Bulan Ini
05 Januari 2023
Kabid Penilaian Kinerja dan Penghargaan BKPSDMD Kota Ternate Faizal A. Karim (foto_ibenk)

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, dalam waktu dekat akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota tentang pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) tahun anggaran 2023.

Saat ini, SK PTT Pemkot Ternate sedang diverifikasi dan divalidasi oleh BKPSDM Kota Ternate.untuk memastikan keberadaan dan keaktifan PTT di lingkungan Pemkot Ternate.

Kabid Penilaian Kinerja dan Penghargaan BKPSDMD Kota Ternate Faizal A. Karim mengatakan, jika tahun-tahun sebelumnya SK PTT dikeluarkan pada pertengahan tahun, maka pada tahun anggaran 2023, penerbitan SK PTT akan dipercepat.

Meski demikian, dia memastikan tidak ada penambahan jumlah PTT karena anggarannya telah diploting melalui APBD.

Saat ini, kata Faizal, pihaknya tengah melakukan validasi dan verifikasi jumlah PTT di OPD, "proses validasi dan verifikasi sudah dilakukan sejak Desember tahun lalu. Jadi insya Allah SK PTT tahun ini akan lebih cepat," ungkap Faizal seraya menyebut, data jumlah PTT yang telah diverifikasi dan divalidasi sudah lebih dari 50 persen.

Faizal menambahkan, validasi dan verifikasi ini dilakukan agar BKPSDMD dapat memastikan secara langsung PTT pada setiap OPD, "validasi dan verifikasi ini juga untuk menghindari PTT yang sudah tidak aktif tapi namanya masih tercantum dalam SK," terangnya.

Verifikasi dan validasi data PTT selain dilakukan secara internal di OPD, BKPsDMD juga telah membentuk tim yang turun langsung memastikan keberadaan dan keaktifan PTT pada setiap OPD.

"Jadi verifikasi ini benar-benar kita lakukan, baik secara intenal OPD melalui surat yang dikirim OPD ke BKD, kami juga turun langsung memastikan bahwa yang bersangkutan memang benar-benar masih aktif," ungkapnya. 

Menurutnya, jika dalam verifikasi dan validasi internal yang dilakukan OPD melaporkan ada PTT yang sudah tidak aktif atau tidak berkantor, maka BKPSDMD langsung melakukan kroscek faktual dengan turun langsung ke OPD.

Meski begitu, dia memastikan jumlah PTT tahun 2023 berdasarkan SK Wali Kota yang bakal dikeluarkan Pemkot Ternate, tidak ada lagi penambahan, "jadi sesuai data PTT hasil pendataan 2022 sebanyak 3.543 orang," terangnya.

"Untuk jumlah pasti di tahun ini belum tahu, tapi yang pasti tidak ada penambahan dari jumlah sebelumnya," sebut Faizal seraya mengaku, saat ini SK PTT masih dalam proses.

"Nanti setelah tahapan validasi dan verifikasi, langsung dikeluarkan, kemungkinan pekan depan, atau paling lambat akhir bulan ini," tutupnya.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT