Home / Indomalut / Ternate

Sidak di Dua OPD dan Dua Kantor Lurah, Ini Yang Ditemukan Kepala BKPSDMD

22 September 2022
Saat sidak di kantor Lurah Gamalama

TERNATE, OT - Untuk mamastikan pelayanan terhadap masyarakat Kota Ternate berjalan lancar, Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly bersama Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan, Faizal Karim, Kamis (22/9/2022) melakukan inspeksi mendadak pada dua OPD dan dua Kelurahan di Kecamatan Ternate Tengah.

Selain untuk memastikan pelayanan, sidak juga dilakukan untuk memastikan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Penkot Ternate.

.

Sidak dimulai sekitar pukul 08:30 WIT di kantor Lurah Gamalama. Saat tiba di kantor Lurah Gamalama, Kepala BKPSDMD tidak menemukan satupun ASN dalam kantor, padahal pintu kantor sudah dibuka.

Karena tidak menemukan satupun ASN, termasuk Lurah dan jajarannya, maka Kepala BKPSDMD langsung mengambil absensi pegawai baik yang berstatus PNS maupun PTT.

Selanjutnya, Kepala BKPSDMD menyambangi kantor Lurah Maliaro. Saat berada di kantor Lurah Maliaro, Kepala BKPsDMD hanya menemukan dua PTT dalam kantor.

Samin meminta agar Lurah Maliaro segera melapor ke BKPsDMD jika sudah berada di kantor.

.

Kantor selanjutnya, Dinas Pendidikan Kota Ternate dan Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPPA) yang terletak di Kelurahan Maliaro.

Saat menyambangi kedua kantor tersebut, Samin lebih banyak berinteraksi dengan para pegawai PNS maupun PTT untuk memberikan motivasi dalam menjalankan tugas.

Samin juga memastikan pembayaran honor bagi tenaga PTT pada kedua instansi tersebut.

.

Usai melaksanakan sidak, Samin mengaku masih mendapati ASN yang belum disiplin berkantor, "masih menemukan ASN yang belum disiplin, di kantor Lurah Gamalama tidak ada pegawai, di kantor Lurah Maliaro hanya ada dua PTT, kalau di DPPPA sudah bagus, kalau Diknas juga mulai disiplin," terang Samin.

Meski begitu, Samin meminta agar tingkat disiplin ASN lebih ditingkatkan lagi, sehingga nanti berdampak pada pelayanan terhadap masyarakat, "kalau disiplin ditegakan, tentu secara otomatis akan mempengaruhi tingkat pelayanan," sebut Samin.

Dia memastikan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan disiplin aparatur dengan intens melakukan sidak, "sidak ini akan dilakukan secara terus menerus sebagai upaya pemerintah meningkatkan disiplin ASN dan memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat," tutupnya.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT