Home / Indomalut / Ternate

Produk UMKM Lokal Tampil di e-Katalog Pemkot Ternate

17 Agustus 2022

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Bagian Barang dan Jasa Sekertariat Daerah (Setda) Kota Ternate, secara resmi melaunching e-katalog lokal Kota Ternate.

Launching e-katalog dilaksanakan usai upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di lapangan Ngara Lamo Ternate, Rabu (17/8/2022).

Kepala Bagian ULP Setda Kota Ternate, Yunita Rachman mengatakan, e-katalog local ini diluncurkan guna meningkatkan penggunaan produk dalam negeri (lokal) dan produk usaha mikro serta usaha kecil dan koperasi.

Menurutnya, untuk menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemkot Ternate meluncurkan e-katalog lokal untuk mendorong geliat para pelaku UMKM Kota Ternate.

.

Selain itu, e-katalog lokal juga diharapkan mampu mendorong perkembangan serta pemberdayaan UMKM Kota Ternate baik yang berbadan usaha maupun perorangan.

Hingga saat ini, sambung Yunita, terdapat 93 produk yang sudah ditayangkan oleh 5 pelaku usaha UMKM Kota Ternate, diantaranya produk makanan dan minuman dari Vana Catering, ANNAST Catering, produk pakaian dinas dan kain tradisional dari penjahit Wijaya dan Rumah Batik Tubo serta produk alat tulis kantor dari toko karunia Makmur.

“Pemerintah Kota Ternate memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang telah menayangkan produknya pada e-katalog lokal Kota Ternate," ujar Yunita seraya menyebut 5 pelaku usaha ini juga dihadirkan pada upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT kemerdekaan RI ke-77 di lapangan Ngara Lamo Ternate untuk menerima penghargaan dari Wali Kota Ternate.

.

Dia berharap para pelaku usaha lainnya untuk dapat segera mendaftarkan dan mempromosikan produknya pada e-katalog lokal Kota Ternate.

“Pemkot juga menghimbau kepada seluruh OPD di lingkup pemerintah Kota Ternate dan instansi vertikal lainnya untuk melakukan transaksi melalui e-katalog lokal untuk mendorong upaya transparansi, akuntabilitas, efesien, efektif dan keadilan dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah,” ajaknya.

Sementara ada 16 Etalase produk yang diluncurkan, yakni etalase produk jasa service kendaraan, etalase produk pakaian dinas dan kain tradisional, etalase produk makanan dan minuman, etalase produk jasa kebersihan, etalase produk jasa keamanan, etalase produk beton ready mix, etalase produk bahan pokok, etalase produk bahan material, etalase produk aspal,etalase produk alat tulis kantor, etalase produk souvenir, etalase produk seragam sekolah, etalase produk hewan ternak, etalase produk peralatan dan perlengkapan komputer, etalase produk percetakan dan penggandaan serta etalase produk furnitur/mebel

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT