Home / Indomalut / Ternate

Pemkot Ternate Dinilai Lebih Fokus Pembangunan Daripada Pembinaan UMKM

04 Desember 2020
Jamian Kolengsusu (foto Nawir)

TERNATE, OT - Komisi II DPRD kota menilai Pemerintah Kota (Pemkot) lebih focus pada proyek pembangunan, daripada prioritas pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Anggota komisi II DPRD kota Ternate Jamian Kolengsusu kepada wartawan Jumat (04/12/2020) mengatakan, pemerintah saat ini lebih fokus memperhatikan pembagunan dibandingkan dengan UMKM yang saat ini sangat membutuhkan bantuan di tengah pandemi Covid-19. 

"Kota Ternate sudah banyak bangunan jadi apa lagi yang masih kurang, tinggal dipoles. DPRD berharap pemerintah harusnya mendorong apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat," katanya. 

Jamian mengaku, sesuai dengan hasil studi banding DPRD beberapa waktu lalu, misalnya di kota Sidoarjo dan Bogor, jika dibandingkan dengan UMKM di dua daerah itu dan di kota Ternate perbedaan sangat jauh. 

Kata Jamian, di dua daerah tersebut dinas Koperasi dan UKM sudah menyiapkan ruang khusus pembinaan UMKM, sehingga UMKM yang ada paling cepat maju dan berkembang,tapi di kota Ternate ketika para UMKM diberikan bantuan oleh dinas terkait langsung dibiarkan.

“Mereka tidak diberikan bimbingan dan didampingi, akhirnya tidak ada perkembangan dan kemajuan dibandingkan dengan daerah lain," ujarnya.

Lanjutnya, di dua daerah tersebut dari sisi pendanaan untuk UMKM diberikan lebih oleh pemerintah. Untuk itu, dinas Koperasi kota Ternate harus  melakukan pembinaan dan diarahkan dengan baik, begitu juga di Disperindag.

(awie)


Reporter: Munawir Suhardi