Home / Indomalut / Ternate
29 Mei 2020

Pelantikan Sekda Ternate Gunakan Protokol Kesehatan

Prosesi pelantikan Sekda Kota Ternate (ft_bucek)

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, Jumat (29/5/2020) pagi, melantik Yusup Sunya sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Ternate.

Pelantikan yang dipusatkan di aula kantor Wali Kota Ternate itu, turut dihadiri, unsur Forkompimda Kota Ternate, Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Taher, Sultan Tidore yang juga anggota DPD-RI, Husain Syah, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Ternate, Thamrin Alwi, para Tim Seleksi dan Assesor serta sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ternate.

Proses pelantikan Sekda Kota Ternate kali ini berbeda dari prosesi pelantikan-pelantikan sebelumnya karena menjanlankan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19.

Amatan indotimur.com di ruang pelantikan, tidak semua pimpinan OPD mengikuti proses pelantikan di dalam aula. Dalam prosesi pelantikan tersebut, social distancing dan wajib masker juga diberlakukan.

Sementara di pintu masuk, juga disediakan masker dan hand sanitaizer bagi para undangan yang diperbolehkan masuk ke ruang pelantikan.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman di awal sambutannya mengucapkan selamat hari raya Idul.Fitri 1441 H, "masih dalam suasana Idul Fitri, sebagai kepala Daerah dan keluarga, mengucapkan selamat hari hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, minal aidzin wal faaizin, mohon maaf lahir dan bathin, kepada semua yang hadir disini dan masyarakat Kota Ternate, jika selama dalam melaksanakan tugas-tugas belum memenuhi semua harapan masyarakat Kota Ternate," kata Wali Kota.

 Pelantikan hari ini, kata Wali Kota, merupakan, pelantikan pimpinan tinggi pratama (Sekertaris Daerah) ditengah-tengah keadaan Negara dan daerah yang tidak stabil.

"Secara ekonomi masyarakat kimerja ASN aktivitas masyarakat terpaksa dibatasi ruang geraknya demi pencegahan penyebaran virus covid-19, "ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Saya, sebagai Wali Kota Ternate sebagai pejabat yang bertanggungjawab penuh atas pengendalian penyebaran virus covid-19 di Kota Temate, bekerja sama dengan para pimpjnan yang tergabung dalam Forkopimda, ini semua harus kita lakukan dan terus berjuang untuk mengatasi bencana non bencana alam. Gugus Tugas Percepatan Penanganan covjd-19 telah terbentuk dengan melibatkan berbagai unsur, baik ASN, TNI. Polri petugas kesehatan dan masyarakat, dan mereka telah bekerja, namun penyebaran Virus covid-19 masih tetap terjadi," ujarnya.

Sebagai ketua, Wali Kota yakin gugus tugas telah bekerja maksimal, namun karena Virus ini tidak dapat dilihat secara kasak mata, bahkan tidak bergejala sebagamaina virus-virus Iainya, "pada sisi yang Iain kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti arahan dari petugas gugus, didukung juga dengan kebutuhan hidup masyarakat yang sangat sulit," tandasnya.

Kepada Penjabat Sekertaris Daerah Kota Ternate, Thamrin Alwi beserta istri, Wali Kota menyampaikan penghargaan, apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, "karena walaupun hanya selama tiga bulan mendampingi saya dan istri, mampu dan telah memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kota ini," ucap Wali Kota.

Sedangkan untuk pejabat yang baru dilantik, Wali Kota menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan sebagai pejabat Sekertaris Daerah Kota Ternate, "saya perlu ingatkan kembali, bahwa jabatan ini hanya titipan Allah kepada kita, maka jadikanlah jabatan ini sebagai amanah sekaligus sebagai sarana untuk beribadah guna mendapatkan pahala dari Allah SWT," pesan Wali Kota.

Usai dilantik, Yusup menyatakan kesiapannya untuk membantu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, dalam menjalankan roda pemerintahan apalagi di tengah masa pandemi Covid-19.

Dia meminta dukungan semua pihak untuk bersama-sama menangani wabah Covid-19, sehingga wabah ini dapat diselesaikan dan tertangani dengan baik.

"Mudah-mudahan kehadiran saya bisa membantu menysukseskan program yang sudah ada," tutup Yusup sembari meminta dukungan semua pihak termasuk pers. (thy)


Reporter: Ibenk