Home / Indomalut / Ternate
21 Mei 2019

Pedagang Minta Dinas Kebersihan Siapkan Tempat Sampah Basah Di Belakang Pasar Higenis Ternate

Sampah basah yang berhamburan di belakang pasar Higenis

TERNATE, OT - Sejumlah pedagang yang menempati kawasan belakang pasar Higenis Ternate, mengeluhkan bau sampah di sekitar areal belakang pasar Higenis Ternate.

Pantauan indotimur.com pada Selasa (21/5/2019) di lokasi pasar Higenis, terdapat banyak sampah berupa sayur busuk yang bercampur dengan air ikan berserakan di areal pedagang ikan dan daging yang menyebabkan bau tidak enak di belakang pasar tersebut.

Rudi Lamang salah satu pedagang sembako di sekitar belakang pasar Higenis mengaku, sampah basah di areal pasar tersebut, sudah tertumpuk sejak satu pekan lalu, namun hingga saat ini belum diangkut oleh petugas kebersihan Pemkot Ternate.

Dia mengaku, setiap hari, ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah, hanya saja petugas cuma mengangkut sampah kering, "sampah basah jarang diangkut oleh petugas, apakah mungkin bau atau yang lain, saya juga tidak tahu," kata Rudi seraya menyebut, sampah basah biasanya diangkut seminggu sekali bahkan tak jarang dua pekan sekali.

Rudi menjelaskan, persoalan ini.sudah berulang kali disuarakan pedagang, namun tidak pernah direspon pemerintah dalam hal ini, Dinas Kebersihan. "Untuk sampah kering sudah disediakan tempatnya, tapi untuk sampah basah tidak ada penyediaan tempat khusus sampai saat ini, sehingga menimbulkan bau busuk," katanya.

Rudi bersama sejumlah pedagang di sekitar belakang pasar Higenis meminta Dinas Kebersihan segera menindaklanjuti persoalan sampah di sekitar kawasan itu.

"Dinas kebersihan turun dan lihat langsung bagaimana kondisi disini, secepatnya dinas terkait harus sediakan tempat khusus untuk sampah basah, agar supaya tidak tercampur dengan sampah kering," harapannya.(MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi