Home / Indomalut / Ternate
09 Juli 2019

Maksimalkan Pemanfaatan DK, Kelurahan Gamalama Gandeng Kejari dan Polres Ternate

Kegiatan Sosialisasi dan Pemanfataan Dana Kelurahan Untuk Masyarakat Kelurahan Gamalama tahun 2019 di cengkeh room hotel Boulevard Ternate

TERNATE, OT - Guna memaksimalkan pemanfaatan Dana Kelurahan (DK) di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, aparatur Kelurahan Gamalama, Selasa (9/7/2019) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pemanfataan Dana Kelurahan Untuk Masyarakat Kelurahan Gamalama tahun 2019 di cengkeh room hotel Boulevard Ternate.

Hadir pada kegiatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Camat Ternate Tengah, Abdul Haris, Lurah Gamalama, M Ichsan, Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Gamalama, ketua-ketua RT, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, LPM serta dua narasumber dari Kejari dan Polres Ternate.

Saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Pemanfataan Dana Kelurahan Untuk Masyarakat Kelurahan Gamalama tahun 2019, Sekda Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengingatkan, aparatur Kelurahan untuk bekerja secara profesional, akuntabel dan transparan.

Kata dia, implementasi dari DK adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga pengelolaan dan pemanfaatan DK harus bersandar instruksi Kemendagri melalui SE Mendagri Nomor 146/2694/SJ tentang petunjuk pelaksanaan Permendagri Nomor 30 Tahun 2018.

Orang nomor tiga di jajaran Pemkot Ternate itu berpesan, agar pengelola DK untuk bekerja sesuai petunjuk tekhnis, agar terhindar dari pelanggaran maupun kekeliruan dalam pengelolaan DK, "karena pemanfaatan DK tahap pertama ini, merupakan transisi untuk DK tahap-tahap selanjutnya, sehingga harus dilakukan dengan baik," pesan Sekda seraya menyebut, ada upaya pemerintah untuk menyesuaikan besaran DK dengan Alokasi Dana Desa (ADD).

Sekda yang juga mantan Lurah Gamalama itu mengingatkan pengguna DK untuk teliti dan transparan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, "karena laporam penggunaan DK ini disampaikan secara berjenjang, dari Kelurahan, Kecamatan, Pemkot hingga ke Kementerian Keuangan, sehingga harus dilakukan secara teliti dan transparan, apalagi nanti diawasi oleh masyarakat, pemerintah bahkan oleh aparat penegak hukum, baik Kepolisian maupun Kejaksaan" ujarnya.

Sementara itu, Lurah Gamalama, M Ichsan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat mengatahui program-program di Kelurahan Gamalama yang dibiayai melalui DK, "kita sengaja menghadirkan aparat penegak hukum agar kegiatan yang dibiayai oleh DK ini, diawasi bukan hanya oleh pemerintah dan masyarakat, tetapi juga diawasi oleh aparat penegak hukum, baik Polres maupun Kajari," kata Ichsan.

Dia berharap, para peserta memanfaatkan sosialisasi ini sehingga pemanfaatan DK ini, betul-betul dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Gamalama, "semoga dengan adanya DK ini, tingkat kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Gamalama semakin meningkat," harapnya. 

Dalam.kegiatan Sosialisasi dan Pemanfataan Dana Kelurahan Untuk Masyarakat Kelurahan Gamalama tahun 2019, narasumber yang dihadirkan, antara lain, Kasat Reskrim Polres Ternate, AKP Riki Arinanda, Kasi Pasi Intel Kejari Ternate,  Muhammad Ruslan serta Camat Ternate Tengah, Abdul Haris. (thy)


Reporter: Ibenk