Home / Indomalut / Ternate
06 November 2020

Kepala BKPSDM Kota Ternate Diduga Intimidasi ASN dan PTT

Salah satu bukti surat panggilan terhadap ASN

TERNATE, OT- Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate, Junus Yau, diduga melakukan intimidasi terhadap sejumlah Aparatur Sipil Negera (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Dugaan intimidasi itu dilakukan untuk mengikuti maunya di Pilkada Kota Ternate dengan mencoblos Paslon nomor 3.Hal ini terungkap setelah sejumlah ASN yang menempati jabatan eselon III dan IV maupun staf serta PTT di Pemkot Ternate, merasa tertekan sehingga menyampaikan pada wartawan, Jumat (6/11/2020). 

Di hadapan wartawan, para ASN dan PTT itu menyampaikan, bahwa mereka telah dipanggil beberapa kali ke ruangan Kepala BKPSDM Kota Ternate yang terletak di lantai I kantor Wali kota Ternate.

“Kami sudah dipanggil beberapa kali di ruangan pak Junus Yau. Disaat masuk, handphone kami langsung disuruh dinonaktifkan, setelah itu Pak Junus mulai bicara dan menyuruh coblos no 3. Jika tidak kami tanggung resikonya,” ujar beberapa ASN dan PTT tersebut yang meminta namanya jangan dipublis. 

Selain itu, mereka yang dipanggil menghadap karena dituduh tidak lagi mengikuti selera kepala BKPSDM, namun ada juga ASN dan PTT yang tidak Nampak pilihannya juga ikut dipanggil. 

Mereka juga mengaku, kata-kata yang disampaikan kepala BPSDM berupa ancaman jika tidak mengikuti maunya di Pilkada Kota Ternate. “Kamu sudah tahu saya kan? Kalau tidak mau ikut, saya akan habisi” kata salah satu ASN sambil mengutip kata-kata Kepala BPKSDM. 

Bahkan, salah satu ASN juga mengaku, dirinya pernah dipanggil secara lisan tapi tidak menghadap sehingga dibuat surat panggilan secara tertulis. Namun ia tetap tidak menghadap .

“Saya pernah dapat surat panggilan tapi tidak menghadap. Setelah itu saya dipanggil melalui telepon dan pesan singkat berulang kali dengan nada ancaman, namun saya tetap tidak menghadap,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, mereka juga mengaku intimidasi maupun ancaman pun pada guru-guru serta Lurah di Kota Ternate.

Sementara Kepala BKPSDM Kota Ternate, Junus Yau ketika dikonfirmasi wartawan di kantornya tidak berada di tempat, lalu dihubungi via telepon tidak merespon panggilan waratwan dan dikirim pesan WhatsApp tapi tetap saja tidak menanggapi pesan tersebut hingga berita ini dipublish.

(red)


Reporter: Tim