Home / Indomalut / Ternate

Ini Pesan Wali Kota Ternate Saat Mewisuda 1.061 Pelajar SD

21 Mei 2022
Wali Kota Ternate saat mewisuda salah satu siswa SD kelas VI

TERNATE. OT - Tidak kurang dari 1.061 pelajar SD di Kecamatan Ternate Selatan dan Pulau Ternate, Sabtu (21/5/2022) diwisuda setelah dinyatakan lulus Baca Tulis Alquran (BTA).

Prosesi wisuda bagi pelajar kelas VI Sekolah Dasar itu, dipimpin langsung oleh Wali Kota Ternate, di kawasan Waterboom, Kayu Merah Ternate Selatan.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam pidatonya menyampaikan, program BTA merupakan salah satu program Pemkot Ternate bidang keagamaan.

Menurutnya, sejak ditetapkan hingga saat ini, puluhan ribu anak-anak di Kota Ternate bisa baca tulis Alquran.

Meski demikian, dari hasil evaluasi yang dilakukan terhadap program BTA, belum memberikan keyakinan apakah semua yang di wisuda BTA itu sudah mahir membaca dan menulis al-qur'an. Maka, mulai tahun depan pelaksanaan wisuda akan dilakukan dua kali saat siswa berada di kelas V dan VI.

"Indikasi itu memberikan respon kepada saya untuk mengambil kebijakan wisuda BTA dimulai pada kelas 5, dengan maksud bagi mereka yang belum lulus BTA, maka masih ada waktu kurang lebih enam sampai setahun mengulang BTA," katanya.

Sehingga lanjut Wali Kota, bukan hanya kuantitas peserta BTA yang dikejar tiap tahun namun secara kualitas mereka yang diwisuda ini punya kemampuan membaca dan menulis al-qura'an.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu mengatakan, Pemkot berencana membuat talent pool dari BTA ini, sehingga nanti dapat berkontribusi pada STQ maupun MTQ tingkat Kota Ternate maupun Malut.

Pemkot akan membentuk tim penilai untuk melakukan penilaian dan memiliki siswa yang bertalenta untuk dididik pada taman seni baca al-qur'an (tasbaq) milik Pemkot Ternate yang terletak di kelurahan Takoma kecamatan Ternate Tengah.

"Meskipun tidak semua anak-anak ini membaca indah al-qur'an tetapi dengan jumlah wisuda ribuan anak ini, akan terselip anak-anak yang bertalenta dalam membaca al-qur'an untuk mengikuti MTQ maupun STQ, sehingga ada regenerasi tiap tahunnya," jelasnya.

Wali Kota menegaskan, ke depan nanti sertifikat BTA akan diteken oleh guru TPQ yang ada di wilayah Kota Ternate, sebab para guru TPQ ini lebih mengetahui kemampuan anak ini.

"Ini sebagai bentuk penghargaan kita kepada guru mengaji, dengan kolaborasi dari guru mengaji di TPQ dan guru di sekolah maka kualitas dari wisuda ini diharapkan punya kemampuan membaca dan menulis al-qur'an," tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate Muslim Gani menyebutkan, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, maka untuk mewujudkannya diperlukan peran dari berbagai pihak yakni guru, pemerintah dan orang tua. Karena pendidikan tidak hanya bertujuan agar tingkat kemampuan anak-anak di bidang akademik mencapai nilai tertinggi.

"Namun, lebih dari itu, pendidikan juga bertujuan menjadikan anak-anak kita memiliki tingkah laku, akhlak, dan moral yang baik. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut di perlakuan kerjasama antara guru, orang tua dan pemerintah," ungkapnya.

Dikatakan, tahun ini sebanyak 3.153 siswa SD Kota Ternate yang diwisuda, dimana untuk peserta wisuda yang dilaksanakan di waterboom sendiri berjumlah 1.061 siswa SD yang ada di kecamatan Ternate Selatan dan Pulau Ternate, sementara untuk kecamatan Ternate Tengah pelaksanaan wisudanya dijadwalkan pada 28 Mei di gedung dhuafa center dengan jumlah peserta sebanyak 1.078 siswa, disusul kecamatan Moti dengan jumlah peserta 80 orang, sementara kecamatan Ternate Utara, Pulau Hiri dan Ternate Barat telah dilaksanakan pada 17 Mei 2022 lalu.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT