Home / Indomalut / Ternate
07 Agustus 2020

Ini Penyebab e-Parking di Ternate Belum Difungsikan

Gatot : Secepatnya, e-Parking Dioperasikan

Kondisi tempat e-parkir didepan jatiland Mall (foto Nawir)

TERNATE, OT - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, mengaku belum bisa mengaktifkan parkir elektronik (e-parking) pada sejumlah titik di Kota Ternate, karena pandrmi covid-19.

Selain karena bencana non-alam (covid-19), belum berfungsinya e-parking, karena pihak Dishub masih menunggu kartu dari salah satu bank yang menyediakan kartu e-parking.

Kabid Transportasi Darat Dishub Kota Ternate, Gatot Basir kepada indotimur.com Jumat (7/8/2020) mengatakan, hingga saat ini, pihaknya selaku pengelola e-parking, belum bisa mengaktifkan fasilitas tersebut karena masih ada hal-hal tekhnis termasuk penyediaan kartu e-parking.

"Dishub kota Ternate masih menunggu hal-hal yang menyangkut dengan parkir elektronik tersebut seperti kartu dan lainnya, rata-rata di daerah sini belum bisa membuat langsung karena harus ada sistim tersendiri," kata Gatot saat ditemui di kantornya.

Dia menyebut, kartu e-perking disediakan oleh salah satu bank selaku mitra, "kita sedang menunggu kartu e-parking dari BNI selaku mitra, jika sudah ada langsung kita bagikan," terangnya.

Selain hal tekhnis, kata dia, kendala laimnya adalah, pamdemi covid-19, "sejauh ini, persiapan sudah dilakukan termasuk memasang e-perking, tetapi karena pandemi covid, sehingga belum bisa diaktifkan," ujar Gatot sembari meminta warga bersabar hingga segala sesuatu tuntas.

Dia memyebut, untuk.tahap awal, Dishub baru memberlakukan e-parking pada dua titik, yakni di depan Jatiland Mall dan pelabuhan Semut Mangga Dua.

"Tapi baru satu tempat yang sudah beroperasi, itu'pun masih menggunakan manual, yang sudah dioperasikan di pelabuhan semut Mangga Dua, tapi yang jelas secepat mungkin akan diusahakan agar semuanya bisa diaktifkan," pungkas Gatot optimis. (awie)


Reporter: Munawir Suhardi