Home / Indomalut / Ternate

DPRD Minta Dilibatkan dalam Rasionalisasi Anggaran OPD

22 Februari 2021
Heni Sutan Muda (foto Nawir)

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate diminta melibatkan DPRD kota dalam rasionalisasi anggaran program dan kegiatan disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wali Ketua DPRD Kota Ternate, Heni Sutan Muda kepada wartawan, Senin (22/2/2021), mengatakan, selaku lembaga yang memiliki kewenangan pengawasan, DPRD menginginkan agar dilibatkan dalam refocusing anggaran APBD 2021.

“Hal ini perlu dilakukan sehingga DPRD mengetahui anggaran program OPD mana yang dirasionalisasi. Kita juga butuh duduk bersama antara pemerintah dan DPRD, sehingga hal-hal mana yang perlu dirasionalisasi dan mana yang tidak," ujar Heni usai menghadiri rapat konsultasi dengan Pemkot di gedung DPRD Kota Ternate.

Menurutnya, tahun ini beban pemerintah cukup besar, sebab selain ada refocusing pada APBD, juga ada pengurangan Dana Transfer (DT) dari pemerintah pusat.

"Ada refocusing mendahului dan juga utang, untuk itu dalam rapat konsultasi tersebut tidak serta merta cukup sampai disitu, kita perlu duduk bersama bersinergi melakukan skemanya," ungkap politisi Partai Demokrat itu.

Dia meminta Pemkot bersama DPRD untuk duduk bersama membahas program-program yang penting dan tidak.

“Kita harus duduk bersama antara pemerintah dan DPRD, agar hal-hal apa dan OPD mana saja yang nantinya dilakukan rasionalisasi," tukasnya.(awie)


Reporter: Munawir Suhardi
Editor: Fauzan Azzam