Home / Indomalut / Ternate
24 Juni 2019

Dinas Perikanan Ternate Laksanakan Pelatihan Selam Tahun 2019

Kadis Perikanan Kota Ternate, Ruslan Bian (foto_Randy)

TERNATE, OT - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Ternate melaksanakan pelatihan selam open water dive dan advanced open water di Dive Club Lakona Jikomalamo Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Barat.

Kepala DKP Kota Ternate, Ruslan Bian mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini dibiayai oleh Anggaran Pendepatan Belanja Daerah (APBD) Kota Ternate dimana kegiatan ini baru dua kali dilaksanakan.

Kata dia, pada pelaksanaan kegiatan yang kedua ini, diharapkan bisa meningkatkan status kepelatihan, "bukan hanya open water dive tetapi juga advanced open water yang biasa belum pernah dilakukan pelatihan advanced open water namun yang ini kali pertama," kata Ruslan.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia, melibatkan berbagai unsur baik itu dari instansi terkait, akademis maupun club-club dive yang ada di Kota Ternate, "semoga kegiatan ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi peserta maupun lingkungan wilayah laut agar lebih banyak yang mencintai dan peduli terhadap laut kita," harapnya.

Ruslan berharap, pelaksanaan kegiatan ini dapat menciptakan sertifikasi yang banyak maka yang menyelam lebih banyak dan lebih peduli pada lingkungan laut.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini peserta yang mengikuti open water dive sebanyak 15 orang dan advanced open water sebanyak 15 orang, "ini sudah sesuai bajet, karena peserta tidak dipungut biaya atau gratis, kami mengunginkan lebih banyak peserta, tetapi keterbatasan dari sisi anggaran," ungkap Ruslan.

Dia berharap, dengan pelatihan ini, peserta bisa mengetahui ilmu yang telah mereka dapat di lapangan selama 4 hari agar bisa betul betul layak untuk mendampinggi turis yang akan datang di Ternate," pungkasnya.(red)


Reporter: Randy Basri