Home / Indomalut / Ternate
10 Desember 2019

Dalam Sebulan Pemkot Ternate Terima Tiga Penghargaan Dari Pemerintah Pusat

Pemkot Ternate Cetak Quattrick Penghargaan Kota Peduli.HAM

Penghargaan untuk Kota Ternate itu, diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal HAM Kemenkum HAM RI DR. Mualimin Abdi, kepada Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman

BANDUNG, OT - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman kembali menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM RI pada Selasa (10 /12/2019) di gedung Merdeka jalan Asia Afrika  nomor 65 Kota Bandung Jawa Barat.

Penghargaan untuk Kota Ternate itu, diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal HAM Kemenkum HAM RI DR. Mualimin Abdi, kepada Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman melalui juru bicara Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Syaiful Arsyad mengatakan, penghargaan ini diberikan karena Kota Ternate dinobatkan sebagai Kota Peduli HAM sebagaimana surat Kementrian Hukum dan HAM RI nomor HAM-UM.06.01-63 tertanggal 19 Novermber 2019. 

Penghargaan Ternate sebagai Kota Peduli HAM merupakan penghargaan yang keempat sevara berturut-turut.

Syaiful menjelaskan, untuk meraih pengharaan ini, ada kriteria yang harus dipenuhi, antara lain meliputi, hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak,kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

"Kriteria Kabupaten dan Kota Peduli HAM, ditetapkan dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 34 tahun 2016," kata Syaiful.

Menurutnya, penghargaan yang diterima Pemkot Ternate tahun ini, merupakan kali keempat sejak tahun 2016, "Pemkot menerima penghargaan Peduli HAM sejak tahun 2016 secara berturut-turut hingga tahun 2019.

"Pak Wali berharap prestasi yang sudah diraih Pemkot haruslah dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang," ujarnya.

Syaiful atas nama Wali Kota menyebut, keberhasilan yang diraih oleh Pemerintah Kota Ternate ini atas dukungan dari semua pemangku kepentingan,TNI, Polri serta elemen masyarakat yang ada di Kota Ternate. "Kiranya kerjasama dan kolaborasi yang baik ini, dapat dipertahankan untuk kemajuan Kota Ternate dan kesejahteraan masyarakat di kota ini," pesan Wali Kota melalui juru bicara Pemkot Ternate.

Berdasarkan data yang dikantongi indotimur.com, di akhir tahun atau dalam sebulan terakhir, Pemkot Ternate secara beruntun menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat, diantaranya, pemghargaan Kota Sehat, penghargaan Kota dengan Tingkat Kepatuhan Tinggi dari Ombusman RI dan saat ini, Kota Ternate dibawah kepemimpinan H Burhan Abdurahman-Abdullah Taher, menerima penghargaan Kota Peduli HAM 2019.(thy)


Reporter: Ibenk