Home / Indomalut / Ternate
17 Juni 2019

Bulan Depan 3 Titik Parkir Di Ternate Gunakan e-Parking

Kadishub Kota Ternate, Faruk Albaar

TERNATE, OT - Guna menghindari kebocoran retribusi parkir serta memperbaiki penataan perparkiran di Kota Ternate, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate berencana memberlakukan parkir elektronik (e-parking) pada sejumlah kawasan parkir di kota berjuluk Bahari Berkesan itu.

Kadishub Kota Ternate, Faruk Albaar mengatakan, Dishub masih menunggu e-parking atau mesin parkir elektronik yang dijadwalkan tiba di Ternate dalam waktu dekat.

"Sekarang, kami masih menunggu alat tambahan yang segera datang. Kami tergetkan bulan Juli sudah mulai beroperasi," ujar Faruk, Senin (17/6/2019).

Kata dia, untuk tahap awal, pihaknya akan memberlakukan e-parking pada tiga titik di kota Ternate, "di kawasan pelabuhan semut Mangga Dua, kemudian di jalan masuk pusat kuliner belakang mall (samping BPRS-red) dan di kawasan pasar higenis "kata Faruk seraya menyebut, kawasan-kawasan lain akan menyusul.

Dengan diberlakukannya e-parking, Faruk berharap, kebocoran yang selama ini kerap terjadi dapat dihindari, "kita berharap, dengan pemberlakukan parkir elektronik ini, dapat mingkatkan PAD dari sektor retribusi parkir," ucap Faruk seraya menyebut, tiga titik tersebut, juga menjadi penyumbang retribusi parkir terbesar.

Kadishub optimis, taeget PAD yang ditetapkan melalui 12 item pendapatan yang dikelola Dishub, mampu dicapai, "sampai bulan Mei kemarin, sudah mencapai hampir Rp 1 miliyar, kalau dibandingkan tahun lalu, dari.Januari sampai Desember, totalnya hanya Rp 1,6 miliyar. Kalau sampai akhir tahun ini, target kita Rp, 5 miliyar, optimis bisa tercapai," kata Faruk optimis.(thy)


Reporter: Ibenk