Home / Indomalut / Ternate
14 Juli 2019

BPDB Kota Ternate Imbau Warga Selektif Dalam Menerima Informasi Bencana

Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Kota Ternate ,Mansur P Mahli

TERNATE, OT- Pasca gempabumi berkekuatan 7.2 SR yang mengguncang wilayah Maluku Utara, Minggu (14/7/2019), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate mengimbau warga untuk tidak panik dan tetap tenang serta selalu melakukan koordinasi dengan aparatur Kelurahan di lingkungan masing- masing.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Ternate, Mansur P. Mahli saat ditemui sejumlah wartawan mengatakan, sampai saat ini pihak BPBD belum mendapatkan laporan kerusakan akibat gempa di Kota Ternate.

Dia mengaku, saat gempa terjadi sekitar pukul 18.10 waktu di Ternate, situasi kota terpantau panik, namun pihak BPBD terus menyampaikan imbauan-imbauan setelah berkoordinasi dengan BMKG yang terus melakukan pemuktahiran data gempa.

"Memang tadi ada beberapa kelurahan yang berada pada pesisir sudah panik dan lari ke tempat yang lebih tinggi untuk melindungi diri," kata Mansur.

Menurutnya, pasca gempa, warga sudah memiliki kesadaran untuk mengambil tindakan secara mandiri.bilamana terjadi gempa.

"Kita akan berkonsultasi dengan teman-teman di lapangan agar bisa menenangkan warga , biar bagaimanapun rekomendasi dari BMKG kita ikuti," pungkas Mansur aeraya mengajak warga untuk berhati-hati dan selektif dalam menerima sebuah informasi uang berkaitan dengan gempabumi atau bencana alam lainnya.(MG_03)


Reporter: Gunawan Ibrahim Radja