Home / Indomalut / Ternate
19 Mei 2020

BKIPM-KKP dan Alien Mus Bagikan 2.348 Paket Ikan Beku ke Masyarakat Kota Ternate

Penyerahan bantuan secara simnolis berupa paket ikan beku kepada salah satu warha Kota Ternate

TERNATE, OT- Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM-KKP) bersama dengan Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi partai Golkar Alien Mus menyalurkan bantuan berupa ikan beku ke masyarakat Kota Ternate, Maluku Utara, Senin (18/5/2020).

Bantuan 2.348 paket atau 4.5 ton ikan beku kepada warga terdampak Covid-19 di Kota Ternate dalam rangka memperingati bulan Mutu Karantina tahun 2020. Ribuan paket itu disalurkan ke empat kecamatan, 3 Rumah Sakit, dan pesantren/panti asuhan di Kota Ternate. 

Kepala Stasiun BKIPM Ternate dalam sambutannya yang dibacakan kepala seksi tata pelayanan Mardia Ambodalle menyampaikan,  pelaksanaan bulan bakti yang dilaksanakan secara berkala memberikan dampak positif bagi tumbuhnya kesadaran dan pemahaman masyarakat atau isu kesehatan, mutu, dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan dan meningkatnya jumlah usaha perikanan berstandar dan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Namun, terjadinya pandemi Covid-19 di dunia dan Indonesia memberikan juga dampak terhadap pelaku perikanan (pembudidaya, penampung, suplier, dan pemasar). 

"Sebagai bentuk bakti kami, BKIPM-KKP melalui bulan mutu dan Karantina ikan di tahun ini kami laksanakan program bakti sosial,"ujar Mardia

Ia menambahkan, output dari kegiatan ini diharapkan tercukupnya/meringankan kebutuhan protein masyarakat melalui bantuan ikan dan produk perikanan di tengah wabah Covid-19.

"Roda perekonomian pelaku usaha perikanan, pembudidaya serta supplier bidang perikanan tetap berputar akibat produk mereka bisa di pasarkan," ujarnya.

Bantuan dari BKIPM dan Alien Mus ini diapresiasi oleh Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman. Kata wali kota, ikan memiliki protein yang cukup besar serta dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Salah satu yang mampu menangkal Covid-19 ini adalah imun kita, dan ikan merupakan salah satu komoditi yang bisa meningkatkan daya tubuh kita. Karena itu, tepat sekali langkah yang diambil kerjasama BKIPM dan ibu Alien Mus," ucap Burhan dalam sambutannya 

Sementara Alien Mus melalui Sekretaris DPD Golkar Malut Arifin Djafar mengajak semua stakeholder baik pemerintah, LSM, dan partai politik turut aktif mendorong kesadaran masyarakat mematuhi anjuran-anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Yang sederhana dan mudah tapi susah dilaksanakan dengan baik adalah kebiasaan menggunakan masker. Ini juga yang perlu kita dorong bersama-sama,"imbuhnya 

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan paket secara simbolis dari kepala seksi tata pelayanan Mardia Ambodalle dan Arifin Djafar kepada Wali kota Ternate Burhan Abdurahman. Kemudian dilanjutkan lagi penyerahan dari Wali kota kepada salah satu warga Ternate.

Distribusi ribuan paket ikan beku ini menggunakan mobil yang dilengkapi alat pendingin ruangan, yang dilepas secara resmi oleh Arifin Djafar bersama pejabat BKIPM Ternate di depan kantor BKIPM Ternate.(glenipi)


Reporter: Zulkifli A. Yusuf