Home / Indomalut / Ternate
18 Oktober 2020

25 Media Online di Malut Akan Selenggarakan UKW Gratis

Suasana pertemuan anggota SMSI Malut dengan Wakil Ketua Dewan Pers

TERNATE, OT- Sebanyak 25 perusahaan media online di Provinsi Maluku Utara (Malut) yang tergabung dalam anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Malut, akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada November 2020 mendatang. 

Pelaksanaan UKW tersebut sesuai pertemuan dengan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Chairuddin Bangun, Jumat,16/10/20 lalu di Kota Ternate, yang langsung ditindak lanjuti dengan pembentukan Panitia Pelaksana UKW SMSI tahun 2020. 

Dalam pertemuan itu, Ketua SMSI Malut, Faiz Albaar  menyampaikan laporan kepada Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Chairuddin Bangun bahwa saat ini 25 Perusahaan Media Siber di Malut menjadi anggota SMSI. 

Namun, banyak dari karyawan anggota SMSI Malut belum berkompeten, sehingga menurut Pemimpin Umum Malutnews.com ini, SMSI Malut akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi para jurnalis yang bekerja di perusahaan media siber anggota SMSI. 

Menanggapi penyampaian tersebut Wakil ketua Dewan Pers Hendry Ch. Bangun menyambut baik rencana SMSI Malut menggelar UKW. Hendry mengatakan, tidak hanya organisasi perusahaan media atau organisasi wartawan yang bisa bikin UKW, Perusahaan penerbit media juga bisa menggelar hal tersebut asalkan mengundang penguji yang sudah ditetapkan oleh Dewan Pers. 

Untuk itu, usai pertemuan langsung menggelar rapat pengurus guna membentuk panitia UKW SMSI Malut tahun 2020. Dalam rapat itu, terpilih sebagai ketua Panitia Ikhi Sukardi Husen dari Haliyora.id, Sekretaris Faujan A. Pinang dari indotimur.com, Wakil Sekretaris Sambas Junaidi dari mimbarberita.com, Bendahara Munawir Yakub dari brindonews.com dan Wakil Bendahara Rahman Mustafa nusantaratimur.com. 

Panitia UKW tersebut dilengkapi juga dengan beberapa seksi yakni Seksi Acara, terdiri dari Farizal Magrib (Cerminmalut.com) Halik Djokrora (Malutsatu.com), Purwanto Ngatmo (Harianhalmahera.com) Seksi Perlenglapan terdiri atas  Junaedi Abdul Rasyid (Teropongmalut.com), Darman Umagapi(Potretmalut.com). Seksi Umum terdiri dari Fadli Yusuf,S,IP,(Pilarmalut.com), Fathi(Diahinews.com), Risman Ali (Haliyora.id), Adapun Seksi Humas dijabat Yamin Abdul Hasan (Beritamalut.co) dan Risno Rasai (Aspirasimalut.com) Sedangkan Seksi Dokumentasi dipercayakan kepada Idhar Abdurrahman (Teropongmalut.com) dan Syaiful Syafruddin (Maluttoday.com) 

Ketua SMSI Malut, Faiz Albaar mengatakan, sesuai hasil rapat pembentukan panitia telah disepakati pelaksanaan UKW oleh SMSI adalah gratis tanpa dipungut biaya. 

Sementara untuk lembaga penguji, lanjut Faiz, akan dibicarakan oleh panitia pada rapat panitia selanjutnya. 

(red)


Reporter: Tim