Home / Ternate Andalan

Wali Kota Ternate, Launching Pojok Literasi Anak Negeri di Kecamatan Hiri

23 Mei 2021
Ketua TP PKK saat meresmikan Pojok Literasi Anak Negeri di Kecamatan Hiri (ft_bucek)

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman melounching Pojok Literasi Anak Negeri yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kota Ternate di Kelurahan Dorari Isa, Kecamatan Pulau Hiri, Sabtu, (22/5/2021) akhir pekan kemarin.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional, 2021 itu, turut dihadiri, Ketua TP PKK Kota Ternate, Marliza Tauhid Soleman, Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Kepala Bagian Kerjasama, Kepala Bagian Umum serta sejumlah unsur terkait lainnya.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam sambutannya menyampaikan, pepatah buku adalah jendela dunia, merupakan pepatah lama yang sampai saat ini masih sangat relevan untuk dipegang oleh seluruh komponen maayarakat.

Kata dia, seluruh ilmu pengetahuan di dunia, tersebar dan diserap oleh umat manusia, salah satunya adalah melalui buku. "Untuk itu, ada istilah banyak membaca banyak ilmunya," ucap Wali Kota.

Menurutnya, tema yang diangkat pada kegiatan ini, adalah "Baca Buku, Dunia Dalam Genggamanmu" merupakan tema yang positif dan inspiratif.

"Sangat positif dan inspiratif, yang mana tema ini kembali mengajarkan kita, bahwa membaca buku adalah cara paling tepat untuk membuka wawasan, serta cara paling ampuh untuk menjadi orang yang berilmu yang kelak menjadi bekal dalam mengarungi kehidupan didunia ini," ujarnya.

.

Atas nama pemerintah Kota Ternate, Wali Kota memberikan apresiasi yang tinggi kepada PD Salimah Kota Ternate yang telah menggagas dan memfasilitasi kegiatan Pojok Literasi Anak Negeri di Kecamatan Pulau Hiri.

"Kegiatan ini tentu sangat strategis dan memberikan nilai positif serta manfaat yang sangat luar biasa. Sebab bagaimana pun juga, mencerdaskan generasi bangsa adalah tanggung bersama," ujar Tauhid.

Dikatakan, pojok literasi adalah langkah yang sangat strategis untuk mewujudkan generasi bangsa khususnya generasi muda di Pulau Hiri dan di seluruh Kota Ternate, yang memiliki pengetahuan dan kemampuan.

Mantan Sekda Kota Ternate itu menyatakan, pemerintahan Tauhid Soleman dan Jasri Usman memiliki satu visi yang tertuang dalam Ternate Mandiri dan Berkeadilan (Ternate Andalan).

"Salah satunya peduli Batang Dua, Hiri dan Moti (Bahim), sehingga pelaksanaan Pojok Literasi Anak Negeri ini tentu memiliki korelasi yang erat dengan visi tersebut," sambung Tauhid.

"Karena sejatinya pembangunan yang paling mendasar adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)," terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Wali Kota, akan menjadi salah satu langkah strategis dalam upaya membangun generasi muda pulau Hiri dengan harapan, kelak dimasa depan generasi muda pulau Hiri bisa menjadi generasi terbaik yang siap membangun negeri ini untuk jauh lebih baik lagi kedepan.

"Ini harapan kita bersama, maka sinergitas dan kolaborasi sangat diperlukan. Pemerintah Kota Ternate membuka pintu komunikasi dan koordinasi yang seluas-luasnya kepada seluruh pihak yang memiliki komitmen dalam mewujudkan generasi muda Kota Ternate yang cerdas, berkarakter dan berakhlak mulia," katanya.

"Dengan bersama-sama, saya yakin dan percaya harapan besar ini dapat kita wujudkan dan generasi muda Kota Ternate menjadi generasi emas yang membanggakan baik bagi Kota Ternate maupun nusa dan bangsa," tandas Wali Kota.

.

Sementara itu, Ketua PD Salimah Kota Ternate, Rita Yanti Sam Mongkito, menyampaikan, Salimah adalah organisasi non-profit yang terus berupaya menjadi salah satu komponen bangsa yang berkontribusi mencari jalan keluar bagi problematika bangsa, melalui pembinaan dan peningkatan kualitas perempuan, mengokohkan keluarga dan perlindungan anak, menyelenggarakan pendidikan, melakukan aktifitas sosial dan membuat usaha di bidang ekonomi, koperasi dan kesejahteraan.

"Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan anak, kami memahami bahwa kehadiran Pojok Literasi Anak Negeri dapat menumbuhkan budaya baca bagi anak. Pojok Literasi Anak Negeri selanjutnya akan lebih difokuskan pada penyediaan koleksi bacaan yang berhubungan dengan dunia anak-anak dengan berbagai tema variannya yang memiliki relevansi dengan tema besar pendidikan anak," tandas Rita.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Ternate didampimgi Ketua TP PKK Kota Ternate, Marliza Tauhid Soleman juga mengukuhkan Sobat Literasi PD Salimah Kota Ternate, periode 2020-2025 berdasarkan SK PD Salimah Kota Ternate nomor 005/SK/SEKRT-PD/PDPM/1442.

Dalam SK tersebut, menetapkan 5 orang pengurus, diantaranya, Dea A Tengko, Andini Aysia, Julniasari, Marwa Malik, dan Givi Manaf.selaku Sobat Literasi PD Salimah Kota Ternate, periode 2020-2025.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT