Home / Ternate Andalan

Wali Kota Pimpin Rapat OPD Serumpun Bahas 100 Hari Kerja 'Ternate Andalan''

11 Mei 2021

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman bersama Wakil Wali Kota, Jasri Usman, memimpin langsung rapat bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya OPD serumpun utama untuk mengimplementasikan 5 program Ternate Mandiri dan Berkeadilan (Andalan) dalam 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate.

Rapat yang berlangsung di lantai 2, kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, itu turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Yusuf Sunya, Plt Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, Rizal Marasoly serta para para pimpinan OPD serumpun utama.

Rapat tersebut membahas lima program Ternate Andalan, diantaranya, penanganan covid-19, penanganan sampah perkotaan, penanganan air bersih bagi warga Kota, pemulihan ekonomi, dan kota insklusif bagi penyandang distabilitas.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman usai memimpin rapat menyamapaikan, rapat yang dilaksanakan Selasa (11/5/2021) merupakan sisialisasi lima program Ternate Andalan dalam 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate.

"Jadi rapat tadi, kita mensosialisasikan terkait lima program itu, sehingga kemudian langkah-langkah apa saja yang diikuti dan harus dilakukan oleh OPD-OPD yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung," tutur Tauhid, kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.com

Menurutnya, sejauh ini setiap OPD sangat responsif terhadap program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate.

Kata dia, dalam pertemuan tadi, tidak hanya dilakukan sosialisasi terkait visi misi, akan tetapi juga mem break down hal-hal teknis terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh OPD yang terlibat langsung dalam program 100 hari kerja.

Suasana rapat

Tauhid menyatakan, cukup banyak kegiatan-kegiatan OPD yang bersentuhan langsung dengan program Ternate Andalan, sehingga upaya mewujudkan program 100 hari kerja bukanlah suatu hal yang sulit terealisasi.

"Bukan sesuatu yang sulit, kita tau cara untuk bisa masuk ke situ, walaupun nanti masuk secara resmi melalui perubahan anggaran. Tapi beberapa kegiatan bisa dideskripsikan sebagai bagian dari kegiatan Ternate Andalan, contoh kegiatan kebersihan, itu kan masuk," sebutnya.

"Jadi kita hanya mempercepat saja program-program pemerintah, yang kebetulan masuk dalam program visi Ternate Andalan. Dan sekarang lagi dipersiapkan untuk RPJMD nya," sambung Tauhid.

Dalam rapat tersebut juga ditekankan soal rancangan Peraturan Daerah (Perda) Kota Ternate yang sementara dibahas.

"Kemudian diminta kepada Direktur PDAM untuk melakukan audit aset. Karena aset tersebutlah yang nantinya menjadi angka untuk ditetapkan ke dalam Perda," sebutnya.

"Serta langkah-langkah lain yang harus dilakukan oleh PDAM, seperti perbaikan pipa, dan mengecek permasalahan di lapangan," sambungnya. 

Dia berharap, seluruh jajaran Pemkot Ternate utamanya OPD serumpun untuk terus bekerja secara maksimal dalam rangka mewujudkan 100 hari kerja Ternate Andalan.

"Saya dan pak Wakil berlari, saya harap OPD juga ikut berlari, kalau tidak tentu akan tertinggal, saya dan pak Wakil minta dukungannya," tutup Tauhid.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT