Home / Ternate Andalan

TP PKK Kelurahan Marikurubu Wakili Ternate, Ikuti Lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi

21 Juni 2021

TERNATE, OT - Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, ditetapkan mewakili Kota Ternate dalam lomba 10 program PKK tingkat Provinsi Maluku Utara.

Penetapan TP-PKK Kelurahan Marikurubu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Ternate, Nomor 38.A/2.9/KT/2020 tanggal 10 Februari 2020 tentang penentapan juara lomba 10 program PKK, dimana TP-PKK.Kelurahan Marikurubu berhasil meraih tiga dari lima katagori yang dilombakan.

Ketua Tim.Pengerak PKK Kota Ternate, Marliza Tauhid Soleman meyampaikan, tiga katagori yang berhasil.diraih TP-PKK Marikurubu, diantaranya, ketegori Pola Asuh Anak dan Remaja, ketegori Terbaik Hatinya PKk dan kategori Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga.

"Semoga apa yang diraih pada lomba tingkat kota ini, dapat pula diraih pada perlomabaan tingkat Provinsi Maluku Utara," kata Marliza, Senin (21/6/2021) saat pelaksanaan acara Penilaian Lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi Maluku Utara di Marikurubu.

.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kota Ternate, Marliza Tauhid Soleman juga menyampaikan, setelah dilantik pada tanggal.26 April.2021, TP-PKK.Kota Ternate telah melakukan sejumlah hal sebagai langkah awal memberdayakan masyarakat melalui 10 program PKK.

"Sebagai langkah awal, kami telah menandatangani MoU dengan 21 OPD sebagai mitra PKK Kota Ternate yang nantinya akan bersinegri dan berkolaborasi dalam melaksanakan rencana kegiatan sebagai upaya mewujudkan ketabahan dan kesejahteraan keluarga," kata Marliza.

Menurutnya, MoU tidak hanya dilaksanakan pada OPD pemerintah daerah tapi juga dengan instansi vertikal yang ada di kota Ternate seperti Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Kota Ternate.

"Sebagai bentuk komitmen mendukung UMKM yang ada di kota Ternate kami telah mengagas gerakan belanja produk lokal dengan maksud membantu para pelaku UMKM di kota Ternate, dalam meningkatkan pendapatanya pada masa pademik Covid-19," tukas istri Wali Kota tersebut.

.

Selain itu, lanjut Masliza, pada masa bakti TP PKK Kota Ternate periode 2021-2024 TP-PKK Kota Ternate juga merangkul kaum disabilitas masuk sebagai pengurus PKK dengan harapan, kaum difabel bisa mengambil peran yang sama seperti masyarakat lainnya. 

"Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah kota Ternate yang ingin mewujudkan kota Ternate sebagai kota inklusif, kota ramah kaum disabilitas dan kaum renatan lainnya," ujar Marliza.

.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan apersiasi kepada seluruh pengurus TP-PKK Kota Ternate, terlebih kepada PKK Kelurahan Marikurubu yang menjadi pusat perhatian dalam lomba 10  program PKK yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Kata, dia, secara pribadi dalam benak setiap orang, yang namanya lomba selalu meninggalkan kesan yang baik. "Jika tahun ini Kelurahan Marikurubu menjadi perwakilan andalan kota Ternate, semoga di tahun kedepan juga dapat di wakilkan pada Kelurahan lainnya di Kota Ternate," harap Wali Kota.

"Tentu kita berharap bukan hanya pelaksanaan lomba ini namun selalu ada perbaikan hal-hal yang berkaitan dengan peberdayaan masyarakat. Harapan kami program PKK ini berjalan selaras dengan cita-cita bersama," tutup Wali Kota.

 (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT