Home / Ternate Andalan

Oprltimalisasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Segitiga Emas, Wali Kota Ternate Datangi Tidore Kepulauan

Tauhid : Setelah Ramadhan, Kita Datangi Halbar
04 Mei 2021
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat berbicara di hadapan para pejabat Pemkot Tikep

TIDORE, OT - Dalam rangka optimalisasi pengembangan kawasan ekonomi "Segitiga Emas" Ternate, Tidore dan Jailolo, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, didampingi sejumlah pejabat dan pimpinan OPD, Selasa (4/5/2021), mengunjungi kantor Wali Kota Tidore Kepulauan.

Kunjungan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate ke Pemerintah Kota Tidore, itu selain untuk bersilaturrahmi kunjungan tersebut juga membahas berbagai isu strategis dalam rangka mempertajam kerjasama antar daerah, terutama kerjasama segitiga emas.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim pada kesempatan tersebut, berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan Wali Kota Ternate ke daerahnya.

"Kami membutuhkan kerjasama, kolaborasi antar daerah, terutama Ternate, Halbar dan daerah lain di Maluku Utara dalam menyukseskan dua event nasional yang akan dilangsungkan dalam tahun ini," kata Wali Kota Tikep.

Menurutnya, sebagai pintu masuk ke Maluku Utara, peran Kota Ternate sangat strategis dalam mendukung kegiatan Sail Tidore dan STQ Nasional yang dijadwalkan pada tahun ini.

"Kami berharap, pertemuan ini menjadi langkah awal kerjasama Ternate-Tidore dalam menyukseskan Sail Tidore dan STQ Nasional," harapnya 

.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman menyatakan, Pemerintah Kota Ternate menyambut baik kerjasama dua daerah bersaudara tersebut.

"Pemerintah Kota Ternate beserta seluruh maayarakat Ternate siap membantu dan mendukung dua event nasional yang digelar di Tidore," kata Tauhid.

Alumni STPDN Angkatan 01 itu menyatakan, kerjasama dua daerah ini bukan hanya pada dua event nasional, namun akan ditingkatkan pada sektor-sektor lainnya, melalui revitalisasi kerjasama segitiga emas.

"Kita akan mervitalisasi program kerjasama Ternate, Tidore dan Halbar, kita singkronkan program segitiga emas dengan mengidentivikasi keunggulan dan kebutuhan daerah masing-masing, untuk dijadikan rujukan dalan mengambil kebijakan strategis," ungkap Tauhid seraya menyatakan, pihaknya akan mengusulkan untuk pelaksanaan Musrembang tiga daerah secara bersana-sama.

Sedangkan Plt Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, Dr H Rizal Marsaoly pada kesempatan tersebut,  juga menyampaikan, pihaknya telah membangun koordinasi dengan berbagai pihak untuk mendukung pelaksanaan STQ maupun Sail Tidore.

"Dapat disampaikan, bahwa PemerintahTernate telah membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk hotel-hotel, untuk bagaimana mendukung dua event nasional ini," kata Rizal.

Bahkan kata dia, kerjasama dengan Pemerintah Kota Tidore bukan hanya sebatas pada dua event nasional, namun akan ditingkatkan pada sektir-sektor lainnya.

"Sektor perikanan, pariwisata, sosial budaya, pertanian dan sektor unggulan lain, juga berpitensi untuk dikolaborasi, dalam membangun tiga daerah di sekitar ibukota Provinsi Maluku Utara," tukas Rizal.

Pertemuan yang dilangsungkan di aula Kantor Wali Kota Ternate itu, turut dihadiri, sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemkot Tikep.

Sedangkan Pemkot Ternate, selain Wali Kota, kunjungan orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu, turut didampingi Plt. Kepala Bapelitbangda, staf ahli Wali Kota, Kabag Kerjasama, Kabag Umum, Kabid Laut Dishub, Kasubag Keuangan, Kasubag Protokoler serta sejumlah staf kantor Wali Kota Ternate.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT