Home / Indomalut / Sula
10 September 2018

Kepala Bappeda Kepsul: Visi Misi Bupati Tergantung OPD

Kaban Bappeda Pemkab Kepsul, Syafrudin Sapsuha

SANANA, OT - Kepala Badan Perencanaan Penbangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Syafrudin Sapsuha, menyebut, visi dan misi Bupati Kepsul Hendrata Thes tergantung Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Usulan program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  wajib diarahkan pada  bagaimana pencapaian visi misi. Visi misi kepala daerah itu  dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepsul 2016 - 2021," kata Syafrudin.

Dia mengaku, kedepan akan memfilter program dan kegiatan yang diusulkan oleh OPD. "Pihak OPD diharapkan bisa mempersentasikan dengan jelas yang dilakukan untuk mendukung visi misi Bupati," tandasnya.

Syafrudin menambahkan, agenda perencanaan tahunan untuk menghasilkan dokumen RKPD yaitu Musrembag RKPD. "Ini merupakan agenda yang wajib dilaksanakan untuk menampung aspirasi dan usulan masyarakat yang ditampung," ungkap Syafrudin, Senin (10/9/2018)

Kata dia, dokumen RKPD untuk  selanjutnya menjadi acuan penyusunan KUA-PPAS  dan dokumen akhirnya APBD dapat dikatakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan dasar penyusunan dokumen anggaran yang telah ditetapkan sebagai suatu keputusan Pemda.

Untuk itu, lanjutnya, setelah dibahas dengan DPRD, OPD telah mempunyai acuan yang jelas yaitu, RKPD yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Namun, kenyataan sering terjadi usulan program dan kegiatan di luar dokumen RKPD.(red)


Reporter: M. Ali Kemhay