Home / Indomalut / Sula
12 September 2018

Dikbudpar Kepsul Gelar Sosialisasi UKG

Kabid GTK Zulfahmin Amir, saat memberikan sambutan

SANANA, OT - Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Parawisata (Dikbudpar) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar sosialisasi Uji Kompetensi Guru (UKG). Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat TK, SD dan SMP ini dilakukan melalui dua bidag diantaranya, bidang Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) dan bidang Paud Dikmas 

Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Parawisata (Dikbudpar) Kepulauan Sula, Zulfahmin Amir, dalam sambutannya menuturkan, kegiatan ini seharusnya dilakukan pada awal tahun, tetapi demi kemajuan pendidikan tidak ada kata terlambat.

"Berkaitan dengan program tersebut, pemerataan kompetensi yang secara detail menggambarkan objektif guru dan merupakan informasi penting bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait dengan materi dan strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta guru tersebut dapat diperoleh melalui UKG," ujar Zulfahmin.

Dia menambahkan, strategi pencapaian target Pemda Kepsul, dalam hal ini menjadi tanggung jawab Dikbudpar Kepsul, sebagai langkah taktis antara lain, meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dari kemampuan profesional yang diharapkan akan berdampak pada kualitas hasil belajar siswa.

Zulfahmin menambahkan, "oleh karena itu, untuk mendorong pencapaian program Pemkab, Dikbudpar Kepsul melalui bidang teknis, bidang pembinanaan dan pengembangan guru dan tenaga kependidikan, akan melakukan harmonisasi dan singkronisasi program dinas dengan satuan pendidilan jenjang TK, SD dan SMP dalam rangka perbaikan kualitas tenaga kependidikan yang nantinya berimbas pada kualitas keluaran atau lulus," tukasnya.

Untuk mewujudkan hasil UKG secara maksimal, maka peran KKG dan MGMP dalam pengembangan profesionalisme guru peningkatan kinerja kelompok kerja guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan masalah yang mendesak untuk dapat dievaluasi, KKG/MGMP memiliki tujuan tersebut," tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Beliga, diikuti oleh 215 Kepsek di Kepulauan Sula yakni, 52 Kepsek SMP, 101 Kepsek SD dan 62 Kepsek TK.(red)


Reporter: M. Ali Kemhay