Home / Indomalut / Sula
11 Juni 2019

Bangun Kebersamaan Komunitas Kam Bia Hifa Laksanakan Halalbihalal

Usai Halal Bin Halal Dilakukan Dengan Jabat Tanggan (foto_Randy)

SANANA, OT - Untuk membangun kerukunan dan kebersamaan, keluarga besar Kam Bia Hifa di Kecamatan Sulabesi Timur (Sultim) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melaksanakan halalbihalal.

Pelaksanaan Halalbilalal yang mengusung tema "Menyebar Maaf Membangun Kebersamaan Kam Bia Hifa" sebagai bentuk mempererat tali silahturahim antara keluarga besar yang ada di Sulabesi Timur.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Baleha Kecamatan Sula Timur, Selasa (10/6/2019), turut dihadiri Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Camat Sula Timur, para kepala Desa se Kecamatan Sula Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para tamu undangan lainnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes dalam sambutanya mengatakan, kegiatan halalbihalal seperti ini merupakan salah satu tradisi yang berlangsung sejak lama di Indonesia.

Menurutnya, di momentum ini sangat starategis dalam mengembalikan kesucian hati terutama kesucian hati terhadap sesama manusia yang merupakan implementasi dari bentuk hubungan antara sesama manusia.

"Tradisi budaya saling memaafkan yang lebih popular disebut halalbihalal banyak melibatkan berbagai kalangan, tradisi ini adalah fenomena yang jadi ditanah air kita dan merupakan bukti erat rasa persatuan dan persaudaraan antara sesama," kata Bupati.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Sula itu berharap, dalam momentum halalbihalal, silahturahmi akan semakin terjalin dan saling menyadari bahwa hidup harus senantiasa dijalani dengan kebersamaan dengan saling memaafkan.

Sementara itu Camat Sulabesi Timur (Sultim) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Ikram Sibela mengatakan, kegiatan ini didasari pada ailaturrahmi dan menjalin kebersamaan antara masyarakat dari Sula Timur.

"Kegiatan ini juga bisa dapat mempersatuhkan kembali persaudaraan bersama karna dari awal banyak masyarakat yang terpecah belah hingga di moment tertentu seperti ini untuk dipersatuhkan kembali," kata Camat. (red)


Reporter: Randy Basri