11 November 2018

Kini Warga Tawabi Nikmati Jaringan Internet

Labuha - Dalam rangka program Indonesia Bebas Signal, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia mengadakan kunjungan dan peliputan pemanfaatan Tower BTS di Desa Tawabi, Kecamatan Bacan Barat. Minggu, (11/11/18).

Tower BTS ini, diresmikan langsung oleh Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba. Dihadiri juga oleh BAKTI Kementrian Kominfo RI Ari Soegeng Wahyuniarti selaku Kepala Divisi Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat, Ranggi Sistama dan Asprila Tri Kusuma, Ketua Tim Penggerak PKK Halsel Nurlaela Mohammad, Asisten II Bidang Administrasi Chaerudin A Rahman, Asisten III Bidang Pembangunan Yusuf Taudin, Kadis Perikanan dan Kelautan Fatma Usman Syah, Kadis Pertanian Sofyan Bachmid, Kadis Pariwisata Muhammad Nur, Kadis P3AKB Aisya Badaruni, Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Halsel Lely Sofyan Mubarun, Sekertaris Kominfo Halsel dan Staf Kominfo, Kepala Desa serta masyarakat Desa Tawabi.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Tim BAKTI Kementrian Kominfo RI yang telah membangun beberapa titik BTS di Kabupaten Halmahera Selatan salah satunya di Desa Tawabi.

"Saya berterima kasih kepada Tim BAKTI karena dengan kondisi wilayah Halsel yang luas terdiri dari 30 kecamatan dan kurang lebih memiliki 400 pulau, BAKTI telah memberikan perhatian untuk pembangunan daerah terutama untuk Halsel", tuturnya.

Orang nomor satu di Halsel ini, juga mengajak pemerintah daerah dan  masyarakat agar dapat mendukung program nasional melalui BAKTI dan Kominfo.

"Kita harus mendukung pembangunan nasional melalui kehadiran BAKTI dan Kominfo karena telah membantu daerah memberikan akses komunikasi dan informasi di desa-desa sehingga nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat", jelasnya.

Dia berharap di tahun 2019 dan 2021 akses komunikasi bisa dirasakan 249 desa di Halmahera Selatan.

Sebelumnya, Abbas Hamaya selaku Sekertaris Desa mengatakan bahwa Tower BTS merupakan rahmat yang tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah sehingga pembangunan tower ini bisa dinikmati oleh masyarakat Desa Tawabi.

"Selain itu, program BAKTI ini sangat sinkron dengan program pemerintah daerah yaitu Dasa Cita yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di desa kita yaitu Bisa Bersaing sehingga dengan adanya Tower BTS ini, masyarakat Tawabi bisa bersaing dengan desa lain di Halsel", pungkasnya

Sementara itu, Lely Sofyan Mubarun selaku Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Halsel, juga melaporkan bahwa pada tahun ini, tepatnya 2018 sudah terbangun 3 Tower BTS yaitu di Desa Sango, Batulak dan Tawabi.

"Tahun ini juga ada lima tower lagi yang masih dikerjakan yaitu di Desa Cap, Desa Gonone, Jikohae, Mateketen dan Yoyok, dimana dari 71 tower yang ada di Halsel baru 42 yang aktif", jelasnya.

Kemudian Ari Soegeng Wahyuniarti selaku Kepala Divisi Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat menyampaikan rasa bahagianya menginjakkan kaki di bumi Saruma.

"Kami sangat bahagia menginjakkan kaki di Bumi Saruma yang terkenal dengan batu akiknya. Tidak hanya di Halsel kami juga menjangkau daerah terpencil yang belum memiliki akses jaringan komunikasi, kami sebagai pemerintah wajib hadir bagi masyarakat sebagai bagian dari keberpihakan kepada masyarakat", jelasnya

Dia juga mengatakan salah satu program pemerataan akses telekomunikasi yang dilakukan oleh BAKTI adalah pembangunan BTS, selain BTS kami juga membangun akses internet di 58 yang sudah on-air. 

"Ini tersebar di Puskesmas, Kantor Camat dan lokasi publik lainnya yang ada di Halsel", tambahnya.

Pihaknya juga mengapresiasi pemerintah daerah Halsel yang telah berperan serta sehingga pembukaan akses telekomunikasi  Kabupaten Halmahera Selatan bisa berjalan lancar.

"Semoga Tower BTS ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik walaupun sekarang masih 2G, kedepan dibangun menjadi 3G kemudian 4G", harapnya.

Peresmian Tower BTS ditandai dengan via telepon Bupati Halsel dengan Plt. Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo Dhia Anugrah Febriansa lansung dari Desa Tawabi. (LS)


Reporter: Lensa Saruma