Home / Berita / Politik
27 Juni 2020

Bawaslu Halbar Intens Manitor Pembentukan PPDP di Enam Desa

Suasan Sedang Berkordinas Dengan Kades Bobaneigo Jaltim (Foto_Achel)

HALBAR, OT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat, intens monitoring atau mengawasi kerja-kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halbar dalam melaksanakan  pembentukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) utamanya di wilayah enam Desa, Kecamatan Jailolo Timur (Jalitim).

Melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bawaslu Halbar, Marschel kepada indotimur.com Sabtu (27/06/2020) membenarkan dalam pembentukan PPDP dilakukan KPU Halbar langsung diawasi oleh unsur pimpinan Bawaslu Halbar diantaranya  Muhamaddun Hi Adam dan Aknosius Datang.

Menurutnya, dalam monitoring di wilayah enam desa,  Kordiv SDM Muhamaddun Hi Adam menegaskan, pembentukan PPDP tersebut harus kerja ekstra cepat dan teliti agar hak-hak pemilih semua dapat diakomodir.

"Dalam melakukan pendataan di wilayah enam desa sehingga seluruh masyarakat bisa masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT)," kata Marschel mengutip pernyataan Muhammadun saat ditemui indotimur.com Sabtu, (27/6/2020).

Sedangkan Kordiv PHL Aknosius Datang, menegaskan, pembentukan atau perekrutan PPDP harus dilakukan dengan baik sehingga pemilih atau masyarakat di wilayah enam desa bisa terdaftar dalam DPT  pada pemilihan Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Halamhera Barat,  9 Desember mendatang

"Petugas Pemutahiran data Pemilih harus berasal dari enam desa sendiri, dengan maksud i agar petugas bisa secara mudah mengatahui masyarakat di enam desanya," ujar Marschel mengutip pernyataan Aknosius Datang. (deko)


Reporter: Hasarudin Harun