Home / Pariwisata / Plesir
13 April 2018

Minggu Besok, Kapal Pesiar MV Seabourn Sojourn Tiba Di Ternate

Samin :Akhir Bulan Depan, Ada Lagi Kapal Pesiar Yang Datang

Kapal Pesiar MV Seabourn Sojourn saat berlabuh di Bandanaira

TERNATE, OT - Kapal pesiar MV Seabourn Sojourn yang membawa lebih dari 400 wisatawan dari berbagai negara, dijadwalkan tiba di Ternate, melalui pelabuhan A Yani Ternate, pada Minggu, (15/4/2018) pagi, sekitar jam 7:30 waktu Ternate.

Turis mancanegara yang datang ke Ternate dalam rangka wisata tour ini, akan berada di kota berjuluk Bahari Berkesan selama kurang lebih 8 jam, untuk melakukan wisata tour pada sejumlah destinasi, baik situs sejarah maupun wisata alam.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) kota Ternate, Samin Marsaoly, kepada indotimur.com, mengatakan, kapal pesiar MV Seabourn Sojourn yang dinahkodai oleh Captain Timothy Roberts, membawa kurang lebih 430 wisatawan asing dari berbagai negara, akan tiba di Ternate pada akhir pekan ini.

"Sesuai jadwal yang kami terima dari agen perjalanan, kapal dengan panjang 198,15 meter, dengan Gross Tonnage (GT) 32.477 ini, dijadwalkan tiba di pelabuhan Ahmad Yani, pada hari Minggu, sekitar jam 7:30 WIT," kata Samin, Jumat (13/4/2018), pagi.

Kata dia, sebelum para wisatawan ini mengeksplore wisata sejarah dan wisata alam di kaki gunung Gamalama, 430 turis ini akan disambut dengan prosesi adat di areal pelabuhan Ahmad Yani.

"Kita buat upacara penyambutan secara adat, baru kemudian para turis ini akan mengunjungi tempat-tempat wisata di Ternate," ujar Samin seraya memastikan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut para wisatawan.

Samin menjelaskan, sesuai rundown-itinerary yang diterima dari agen perjalanan wisata, Signature Papua Tours, kawasan wisata yang akan dikunjungi para wisatawan, antara lain, Kedaton Kesultanan Ternate, Benteng Toloko, objek wisata Aer Tege-Tege dan Danau Laguna di Ngade.

"Tetapi kita juga menawarkan sejumlah lokasi wisata lainnya seperti Benteng Oranje, Danau Tolire, Benteng Kastela, Pantai Sulamadaha, Pantai Tobololo, Jikomalamo serta ruang-ruang publik lainnya di kota Ternate," tutur Samin.

Dia berharap, dengan adanya kunjungan wisatawan asing ke Ternate, akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat. "Kita berharap, kunjungan wisatawan asing ke Ternate ini, akan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat, utamanya pelaku usaha kecil/menengah," harap Samin seraya memastikan, akhir bulan depan, akan ada lagi kapal pesiar yang akan menyinggahi kota Ternate.

Sebelumnya, kapal pesiar MV Seabourn Sojourn, berada di Bandanaira dan kota Ambon. Setelah menyinggahi Ternate, kapal pesiar berbendera Bahamas ini, akan berlayar dari Ternate menuju Australia, pada Minggu, (15/4/32018) sore.(thy)


Reporter: Ibenk