Home / Pariwisata / Plesir

Gowes Jadi Wisata Sehat Akhir Pekan Jurnalis Malut dan Harita Nickel

18 Januari 2021
Foto bersama di gerbang wisata Taman Geopark Batu Angus Kota Ternate

TERNATE, OT- Belasan sepeda berjajar rapi di sekitar Landmark Kota Ternate. Beberapa orang berkaus biru tampak sedang melakukan peregangan.

Pagi itu, Minggu (17/1), jurnalis Maluku Utara (Malut) yang berasal dari berbagai media cetak, elektronik dan online bersiap mengisi akhir pekan dengan kegiatan wisata sehat. Sekitar dua puluh peserta akan menuju beberapa titik wisata dengan perjalanan tanpa polusi.

Selaras dengan tema wisata sehat, kegiatan ini pun menerapkan protokol kesehatan. Para peserta menggunakan masker ketika berkumpul dan menjaga jarak antarsepeda ketika melaju. Hal itu demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Ternate. Para peserta mulai mengayuh sepeda sekitar pukul 08.00 WIT. Kegiatan ini juga terselenggara berkat dukungan perusahaan Harita Nickel.

Perjalanan bermula dari Landmark Kota Ternate. Para jurnalis melaju beriringan melewati Taman Nukila yang teduh dengan silir angin laut pagi hari. Tak jauh dari sana rombongan melintasi pasar tradisional dengan berbagai komoditasnya, dan melintasi Lapang Salero dengan Kedaton Kesultanan Ternate yang berdiri megah di hadapan. Tak lama setelah itu, para jurnalis pun menghadapi tantangan pertama yakni tanjakan Makam Pahlawan. Perlahan tapi pasti, rombongan berhasil melaluinya.

Perjalanan mengantarkan para jurnalis melewati Benteng Tolukko, sebuah situs peninggalan bangsa Portugis ratusan tahun yang lalu. Setelah itu, iringan sepeda melintasi jalanan yang relatif mendatar di sekitar Bandara Sultan Babullah. Beberapa saat kemudian-setelah melalui tanjakan yang cukup melelahkan—rombongan pun tiba di titik istirahat yakni situs wisata Taman Geopark Batu Angus. Tempat ini terbentuk dari sisa lahar letusan Gunung Gamalama sekitar abad ke-17.

Setelah cukup beristirahat dan berfoto bersama, para peserta pun melanjutkan perjalanan. Tujuan mereka selanjutnya adalah Pantai Sulamadaha. Tak butuh waktu lama untuk mencapai titik tersebut. Sesampainya di pantai, angin yang segar dan deburan ombak pun menyambut para jurnalis. Mereka menghabiskan waktu yang lebih lama untuk beristirahat dan menikmati asrinya pemandangan alam.


Foto bersama di Pantai Sulamadaha Kota Ternate

Selain menimbulkan perasaan suka cita, kegiatan ini turut serta memberdayakan potensi pariwisata lokal. Para peserta yang mengunjungi Pantai Sulamadaha memberi dampak positif bagi pengusaha UMKM setempat. Di sana, puluhan peserta membeli menu kuliner seperti pisang goreng dan kelapa muda yang membantu perekonomian masyarakat di tengah lesunya ekonomi masa pandemi.

Seorang jurnalis Ikram Salim, mengatakan bahwa kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengampanyekan hidup sehat. “Acara ini bagus untuk mengurangi polusi kota dari kendaraan bermotor,” ujar Ikram yang merupakan Penanggung Jawab Malutpost.id.

Pria yang juga aktif di komunitas Gamalama Bicycle Club (GBC) itu menambahkan, kegiatan ini menjadi sarana yang baik untuk menjalin silaturahmi antarjurnalis juga dengan pihak perusahaan.
Peserta tur sepeda lainnya, Alfatah, memberikan apresiasi atas berlangsungnya kegiatan ini. Menurutnya, penting bagi jurnalis untuk memerhatikan kesehatan di tengah berbagai macam kesibukan.

“Ini hal positif bagi jurnalis. Kami dalam satu pekan selalu disibukkan oleh berbagai macam tugas liputan, sehingga momen seperti ini sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar,” ungkap Pemimpin Redaksi Mata Publik tersebut.

Setelah puas menikmati keindahan alam dan momen kebersamaan, para jurnalis pun kembali ke titik kumpul awal yakni Landmark Kota Ternate. Rute perjalanan yang relatif menurun membuat para peserta tak begitu kesulitan mengakhiri perjalanan ini.

Dari acara ini, siapa pun dapat belajar bahwa kegiatan yang sehat dan menyenangkan tidak memerlukan biaya besar dan bepergian ribuan kilometer. Khazanah pariwisata lokal yang dipadu dengan hangatnya kebersamaan menjadi sumber kebahagiaan yang tak sulit untuk dicari.

 (red)


Reporter: Tim
Editor: Fauzan Azzam