11 Mei 2019

PKB Gusur PDIP Dari Kalumat Puncak

TERNATE, OT – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), berhasil menggusur Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari kursi ketua DPRD Kota Ternate.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara Pileg DPRD Kota Ternate, PKB berhasil meraih 4 (empat) kursi dengan total suara sebanyak 8.680.Unggul 1.316 suara dari Partai Demokrat diposisi kedua dengan perolehan kursi yang sama.

Sementara PDIP, Golkar dan PPP masing-masing meraih 3 (kursi) kursi. Dimana, ketiga partai ini di Pileg 2014 atau DPRD Kota Ternate periode 2014-2019 masuk unsur pimpinan. Periode 2019-2024, satu diantara ketiga partai tersebut akan tergeser karena ditempati oleh PKB dan Demokrat.

Ketua DPC PKB Kota Ternate, Muhajirin Bailussy, dalam press conference di kantor DPC PKB, Sabtu (11/5/2019) sore menyatakan, berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara Pileg DPRD Kota Ternate, PKB berhasil meraih 4 kursi dengan total suara aebanyak 8.680.

“PKB dan Partai Demokrat memperoleh masing-masing 4 kursi, namun selisih perolehan suara antara PKB dan Demokrat mencapai 1.316 suara, sehingga PKB sudah memastikan mengambil alih kursi ketua DPRD,” ujar Muhajirin.

Lanjut dia, Kota Ternate memiliki 4 (empat) Dapil dan semua Dapil PKB berhasil mendapatkan satu kursi. Hal yang sama juga didapatkan oleh Partai Demokrat, namun secara keseluruhan suara partai PKB masih unggul

"Ini sesuai terget kita, jika tidak ada problem insya Allah kita memimpin DPRD Kota Ternate," ungkap anggota DPRD Kota Ternate periode 2014-2019 ini.

Meski demikian, Muhajirin belum bisa memastikan siapa yang akan ditetapkan sebagai ketua DPRD. “Untuk memastikan siapa yang ditetapkan sebagai pimpinan masih akan melalui mekanisme internal PKB," ujar Muhajirin yang didampingi Ketua LPP M Nur Bailussy dan Sekretaris DPC PKB Kota Ternate, Najib H Talib.(red)


Reporter: Fauzan Azzam