Home / Opini

''IBU SURGA BAGI ANAK-ANAKNYA''

23 Desember 2020
Faoniah Jauhari Kasuba (Ketua Tim Penggerak PKK Malut)

Dalam Kehidupan Ibu mempunyai peran ganda, sebagai Istri yg selalu ada dan harus mencintai Suami, juga sebagai Ibu bagi anak2nya yg harus penuh kasih sayang, penuh cinta dan selalu ada untuk mereka.

Pernah Sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, ya Rasulullah, siapa yg harus kita hormati? Rasulullah menjawab "IBUMU".

 Siapa lagi ya Rasulullah?

"IBUMU"

 Siapa lagi ya Rasulullah? "IBUMU"

Terus siapa lagi) IBUMU

Lalau siapa lagi ya Rasulullah?

"AYAHMU"

Ibu 3 tingkat dari Ayah.

Ini bukan berarti Ayah tidak menjadi kebanggaan keluarganya, tapi secara kodrat Ibu berbeda dengan Ayah

Karena Ibu Mengandung, Melahirkan, Menyusui, dan ini tidak ada pada Ayah sebagai seorang Laki-laki.

Tapi dalam membesarkan Anak2nya adalah tanggung jawab bersama sebagai Orang Tua.

Pengorbanan Ibu tak pernah bisa tergantikan dan terbayarkan dengan apapun.

Ibu selama 24 jam selalu ada untuk Suami dan Anak2nya, Bangun Subuh menyiapkan sarapan, menyiapkan anak2 untuk sekolah, masak dll.

Itu kalau hanya sebagai Ibu Rumah Tangga, tapi kalau Ibu juga sebagai PNS, harus pergi kerja, pulang kerja lanjut melaksanakan pekerjaan Rumah Tangga, tetapi semuanya dilaksanakan dengan IKHLAS.

Ibu adalah "UMMU MADRASAH TUL ULA", GURU PERTAMA DAN UTAMA dalam mendidik Anak2nya agar menjadi Anak yg Shaleh dan Shaleha, dan harus  berakhlak mulia dalam menjalani kehidupan mereka.

Menjadi ibu yang baik itu harus banyak belajar dan terus belajar.

Bukan Belajar hanya untuk menjadi PNS tapi di harapkan Ibu bèlajar dan berilmu utk bisa mengajarkan anak2nya agar menjadi Anak berakhlak mulia, sopan, dan Sukses sebagai kebanggaan Orang Tuanya kelak.

Semoga Ibu tetap menjadi Ibu Hebat, Kuat utk Keluarga, tetap menjaga Kodrat sbg Ibu dan Istri, dan juga utk pengabdian kpd Masyarakat. 

Menyangkut TEMA Hari Ibu tahun 2020, "PEREMPUAN BERDAYA, INDONESIA MAJU.

Diharapkan Ibu sebagai Perempuan, harus bisa jaga keseimbangan untuk bisa menjadi Guru, menjadi Sahabat bagi Anak2nya sehingga anak2 merasa nyaman, tentram, damai dan  terasa dekat dengan Ibu mereka.

Saya ingin sampaikan kaitan dengan Tema diatas juga maka, Perempuan harus mengisi ruang ruang kontribusi dalam lini Pembangunan karena jumlah Perempuan yg hampir seimbang dgn laki2 secara kwantitatif.

Secara Kualitas perempuan juga banyak yg mampu dan berilmu, tinggal Pemerintah Indonesia memberikan kesempatan utk perempuan juga berkarya dalam bidang2 Pembangunan yg strategis. 

Intinya dengan memperingati Hari Ibu ke 92 tahun 2020.

Ibu harus bisa menjaga keseimbangan untuk Keluarga juga Masyarakat, menjadi Panutan untuk Anak2nya, sehingga Keluarga sbagai unit terkecil dari masyarakat diharapkan menjadi keluarga yg bahagia juga sejahtera.

SELAMAT HARI IBU, SEMOGA KITA SEBAGAI IBU TETAP MENJAGA KEHARMONISAN KELUARGA DAN TETAP MENJADI GURU DAN PENDIDIK PERTAMA DAN UTAMA SEHINGGA KITA MENJADI KELUARGA YG BAHAGIA,  AAMIIN YRA.(penulis)


Reporter: Penulis