22 Februari 2020

Jurnalis Fc Minta Askot PSSI Ternate Tugaskan AW Yang Profesional

Tim Jurnalis Fc

TERNATE,OT- Tim Jurnalis Malut Fc meminta kepada Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Ternate, agar menugaskan Asisten wasit (AW) yang profesional untuk mendampingi wasit pada Friendly Tournament Piala Askot Ternate tahun 2020 di Olimpic Stadion, Ternate.

Hal ini menyusul, tim Jurnalis Fc merasa dirugikan pada laga perdana penyisihan grup A antara Jurnalis Fc vs Dosen Unkhair Ternate yang berlangsung di Olimpic Stadion, Kelurahahn Gambesi, kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternatee, Maluku Utara (Malut), Jumat (21/2/20200 sore tadi, dengan skor 2-0 untuk Dosen Unkhair.

“Berdasarkan laporan dari teman-teman pemain, wasit yang memimpin terandingan sore tadi sering memprotes hakim garis, karena bola yang tidak offside mengangkat bendera,” kata Asisten Manager Jurnalis Fc, Faujan A. Pinang.

Kata Faujan, pengakuan waasit itu disampaikan ke para pemain Jurnalis Fc. Untuk itu, Askot Kota Ternate diharapkan menunjuk AW yang professional jika mengiginkan tournament ini tidak dicederai.

“Meskipun wasit tidak buka mulut ke pemain-pemain kami, tapi kami juga menyaksikan pertandingan sore tadi, jadi kami melihat langsung. Bahkan ada beberapa kali kejadian wasit tidak meniup peluit tapi hakim garis ngotot terus mengangkat bendera sehingga wasit terpaksa meniup peluit. Ini juga pemain-pemain kami frustasi dengan ulah hakim garis,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Faujan, menang dan kalah dalam sebuh pertandingan hal yang biasa. Apalagi, Jurnalis Fc tidak memiliki target dalam kompetisi ini, karena hanya dijadikan sebagai ajang seleksi bagi wartawan yang nantinya mengikuti event nasional antar wartawan di seluruh Indonesia, yakni Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).

“Kalah dan menang dalam sebuh pertandingan itu biasa, tapi setidaknya orang-orang yang ditunjuk dalam mengambil keputusan dalam pertandingan itu harus yang professional,” tegasnya.

Faujan menegaskan, Askot PSSI Kota Ternate jangan lagi menunjuk AW seperti yang memimpin pertandingan Jurnalis Malut vs Dosen Unkhair sore tadi, jika tidak akan mencederai nama tournament ini. Bahkan nama Askot Kota Ternate karena ini adalah event Askot.(awie)


Reporter: Munawir Suhardi